Doddy Sudrajat Pindahkan Makam Vanessa Angel, Ustadz Solmed: Enggak Kasihan Sama Anak?

JAKARTA – Ustadz Soleh Mahmud atau Solmed, menanggapi terkait rencana Doddy Sudrajat memindahkan makam sang putri, Vanessa Angel. Menurutnya pemindahan makam ini tak bisa dilakukan secara sembarangan, kecuali ada keperluan mendesak.

“Pemindahan makam itu enggak bisa sembarangan ya, kecuali dengan alasan-alasan yang dibenarkan di agama,” ujar Solmed, dihubungi MNC Portal, Kamis (10/2/2022).

“Misalnya ada longsor, banjir, mau ada pembangunan jalan, atau pemerintah misalnya punya program terus harus memindahkan makam,” lanjutnya.

Solmed menjelaskan bahwa dalam hukum Islam, pemindahan jenazah adalah haram apabila dilakukan dengan alasan yang tak dibenarkan syariat.

“Hukumnya bisa haram dan makruh dalam pemindahan jenazah. Haram jika tidak ada alasan yang dibenarkan syariat,” kata Solmed.

“Kalau bagi yang tidak punya alasan syariat, kayak mau lebih dekat ke rumah misalnya. Ya enggak boleh,” sambungnya.

Menurut Solmed, Doddy sebaiknya tak perlu memindahkan jenazah Vanessa Angel. Dia merasa kasihan dengan almarhumah yang sampai saat ini jadi perbincangan gara-gara keinginan sang ayah.

“Enggak usah, ngapain pindahin makam? Kasihan jenazahnya. Sudahlah, jadi fitnah terus menerus kan kasihan. Masa enggak kasihan sama anaknya? Terus menerus jadi perbincangan orang,” kata Solmed.

Dibanding memindahkan makam, Solmed menganjurkan Doddy untuk mendoakan sang anak yang telah tiada supaya mendiang tak jadi bahan gunjingan publik secara terus menerus.

“Kasihan lah. Harusnya sudah mendoakan anak semoga diberikan lapang kubur. Bukan terus dibicarakan, akhirnya pembicaraan jadi kemana-mana, kan kasihan,” kata Solmed.

Seperti diketahui, Doddy Sudrajat berniat memindahkan makam Vanessa Angel yang saat ini dikubur satu liang lahat bersama suaminya, Bibi Ardiansyah di Taman Makam Islam Malaka, ke dekat makam ibunya di TPU Karet Bivak, Jakarta.

Kabarnya, rencana ini akan dilakukan usai 100 hari peringatan meninggalnya Vanessa yang jatuh pada 12 Februari 2022. Warganet pun ramai menghujani Doddy dengan kritik pedas gara-gara rencana tersebut.

Sumber : okezone.com

Komentar