Shadow

Mahasiswa KKN K123 menggelar Progam demontrasi pembuatan hand sanitizer bersama masyarakat desa Cot Seurani


Seputaraceh.id | Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Membangun Kampung (KKN-MK)
Kelompok 123 Universitas Malikussaleh melaksanakan kegiatan demontrasi Pembuatan Hand Sanitizer kepada masyarakat dibalai pertemuan Desa Cot Seurani Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara, Senin (8/11/2021).

Mahasiswa yang berada di bawah naungan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) oleh bapak Ikramuddin, S.E., M.Si yang terdiri dari Miftahul Jannah (Ilmu Komunikasi), Rezki Muliana, Ressy Armianda, Intan Pandini, Liza Rauzati (Ekonomi Syariah), Nurmahya (Administrasi Publik), Rinawati, Nur Akmal (Agroekoteknologi), Cut Maulani, Vina Rezeki (Agribisnis).

Program demontrasi pembuatan Hand Sanitizer di Desa Cot Seurani mengikutsertakan masyarakat di desa tersebut terutama ibuk-ibuk. Dengan menggunakan Alat dan bahannya terdiri dari botol spray, sendok pengaduk, wadah ml besar dan kecil, alkohol 70% dan aloevera gel.

Untuk takaran pembuatannya per 100 ml adalah 92 ml alkohol ditambah dengan 8 ml aloevera gel. Takaran ini menghasilkan cairan handsanitizer yang masih terkandung 62% alkoholnya yang mana masih sesuai dengan pedoman pembuatan handsanitizer standar WHO dimana kandungan alkohol tidak boleh kurang dari 62%. Dikarenakan jika kurang dari 62% maka handsanitizer tersebut akan kurang bisa berkerja maksimal untuk membasmi kuman.

Handsanitizer ini berguna sebagai alternatif untuk membasmi kuman disaat berpergian keluar rumah.

Ketua Kelompok 123 Miftahul Jannah mengatakan bahwa dengan menyelenggarakan program demontrasi ini bisa membantu masyarakat di Desa Cot Seurani agar dapat mengetahui bagaimana cara pembuatan handsanitizer, kemudian juga bisa dipraktekkan kembali oleh masyarakat tersebut.

“Kegiatan demonstrasi pembuatan handsanitizer ini dapat berguna untuk menambah pengetahuan dan wawasan bagi masyarakat desa Cot Seurani agar mampu membuat handsanitizer sendiri dirumah”, ungkapnya.

Rezki dan Intan selaku angota mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“kami sebagai Tim Mahasiswa KKN-MK Kelompok 123 mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat Desa Cot Seurani dikarenakan kegiatannya berjalan dengan lancar dan semoga ilmu yang kami ajarkan ini dapat bermanfaat dengan baik”, Tutupnya.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x