Shadow

Gajah Mati Tanpa Kepala Ditemukan di Aceh Timur


Seputaraceh.id – Seekor gajah Sumatera ditemukan mati mengenaskan di dalam hutan di Desa Jambo Reuhat, Kecamatan Banda Alam, Kabupaten Aceh Timur, Minggu (12/7/2021).

Informasi yang diperoleh Seputaraceh.id, gajah sumatera tersebut ditemukan mati tanpa kepala. Keberadaan bangkai gajah itu awalnya diketahui oleh salah seorang karyawan sebuah perusahaan.

Seorang Babinsa Koramil 09/Banda Alam Kodim 0104/Aceh Timur Serda Pram Budiono meninjau langsung temuan bangkai gajah jantan itu setelah dirinya mendapatkan informasi.

Usai mendapat laporan adanya gajah Sumatera mati, dirinya dan pihak keamanan lain menuju ke lokasi untuk memastikan dan setelah tiba di lokasi ternyata seekor gajah jantan dewasa yang kurang lebih berumur 12 tahun itu telah mati.

Kejadian ini, kata Babinsa itu, telah dilaporkan kepada pihak yang berwajib, bahkan tim kesehatan hewan telah ditugaskan untuk melakukan nekropsi dan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) serta berkoordinasi dengan pihak keamanan.

“Atas kejadian itu, saya selaku TNI yang bertugas sebagai Babinsa Gampong Jambo Reuhat akan membantu dan mendampingi pelaksanaan olah TKP tersebut, sampai jelas sebab gajah Sumatera ini mati,” kata Serda Pram.

“Saya juga menjelaskan kepada masyarakat bahwa barangsiapa dengan sengaja menangkap, melukai, membunuh, menyimpan, memiliki, memelihara, mengangkut, dan memperniagakan satwa yang dilindungi dalam keadaan hidup; (Pasal 21 ayat (2) huruf a), diancam dengan pidana penjara paling lama 5 tahun dan denda paling banyak Rp. 100.000.000,” tegasnya.

Kabar terakhir yang diperoleh Seputaraceh.id, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh sudah menerima informasi terkait kasus kematian misterius gajah sumatera ini.

Editor : Jamaluddin Idris

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x