Pemerintah Aceh Ajak Semua Pihak Sukseskan PON XXI dan Pilkada 2024

Banda Aceh – Pemerintah Aceh mengajak semua pihak untuk bekerja sama dan berkolaborasi untuk mendukung pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut serta Pilkada untuk memilih bupati, wali kota, dan gubernur.

“Mari kita jalin sinergi dan kolaborasi untuk mewujudkan sukses di semua lini, di tengah makin beratnya tantangan ke depan,” kata Pj. Gubernur Aceh, Bustami Hamzah, pada acara Buka Puasa Bersama Forkopimda Aceh di Anjong Mon Mata, Komplek Meuligoe Gubernur Aceh, Jumat (22/3/2024).

Bustami menegaskan bahwa silaturahmi, sinergi, dan kolaborasi sangat penting demi kesuksesan penyelenggaraan pemerintahan.

“Ke depan, Aceh akan melaksanakan salah satu agenda nasional, yaitu PON XXI Aceh-Sumut serta Pilkada untuk memilih bupati, wali kota, dan gubernur, yang kita harapkan dapat melahirkan pemimpin yang amanah serta pemimpin yang mencintai dan dicintai oleh rakyatnya. Pemimpin yang melayani dan bukan sebaliknya,” tutur Bustami.

Oleh karena itu, Bustami mengajak semua pihak untuk saling memberikan dukungan dan saling mendoakan dalam kebaikan, sehingga dapat menjadi penambah semangat, sekaligus pemantik bagi kesungguhan untuk mempersembahkan pengabdian terbaik bagi Aceh.

Bustami juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjadikan kesuksesan penyelenggaraan Pemilihan Umum tahun 2024 sebagai contoh kesuksesan yang diraih dengan kebersamaan, sinergi, dan kolaborasi.

“Khususnya di Aceh, kebersamaan, sinergi dan kolaborasi tersebut telah mampu kita rajut, sehingga pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden telah berlangsung tertib serta penuh kedamaian, dan alhamdulillah hasilnya pun telah diumumkan oleh KPU pada 20 Maret 2024 lalu,” papar Bustami.

Ia juga mengajak semua pihak untuk menjadikan spirit Ramadan yang penuh dengan pesan-pesan kebersamaan dan persaudaraan di setiap ibadah-ibadahnya, sebagai sebuah sinergi spiritual yang satu dengan lain, saling melengkapi dan menyempurnakan.

“Ramadan hadir bukan sebagai sesuatu yang sifatnya ritual semata, tapi Ramadan menjadi sebuah proses transformatif yang mengantarkan pelakunya menjadi pribadi yang takwa,” ujarnya.

Ditambahkan, bahwa pesan pentingnya sinergi dan kolaborasi ini sesungguhnya telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadits sahih, “Seorang mukmin dengan Mukmin lainnya seperti satu bangunan yang tersusun rapi, sebagiannya menguatkan sebagian yang lain. Dan lalu kemudian Beliau menganyam jari-jemarinya,” tuturnya lagi.

“Hadis ini selaras dengan apa yang dikemukakan oleh Ansell dan Gash, pada tahun 2007 sebagai Tata Kelola Kolaboratif, di mana mengambarkan saling ketergantungan dari setiap aktor karena kesadaran akan keterbatasan yang dimiliki, sehingga lahir keinginan dan kesediaan untuk menjalin hubungan yang erat antara satu dengan yang lain, sehingga adanya rasa saling memiliki dan menghormati. Inilah yang juga kemudian disebut sebagai membagi kekuatan,” kata Bustami dalam nada filosofis.

Pj Gubernur Aceh itu secara terbuka mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah menjaga kondusifitas dan keamanan di Bumi Aceh selama ini.

“Khususnya di hari-hari kita menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan. Semoga hingga nanti kita merayakan hari Idulfitri. Ayo, kita lanjutkan kerja dan bakti ini dengan terus mempersembahkan prestasi yang akan menjadi amal jariyah dalam kehidupan kelak nanti,” katanya lagi.

Senada dengan Bustami, Ustaz Achmad Rizal dalam tausyiah singkatnya juga menekankan tentang pentingnya kebersamaan, saling dukung dan saling membantu.

“Sambunglah silaturahmi karena silaturahmi akan menguatkan kebersamaan sesama muslim, membuka pintu rezeki dan memanjangkan umur. Jadi, mari kita perkuat ukhuwah Islamiyah. Dengan silaturrmahmi yang kuat maka berbagai program pembangunan yang sedang dilaksanakan akan berjalan dengan baik,” ujar Ustaz Achmad Rizal .

Buka puasa bersama ini dihadiri oleh seluruh unsur Forkopimda dan Forkopimda Plus Aceh beserta Istri dan para Kepala Satuan Kerja Perangkat Aceh. (MC 05)

Komentar