Sambut PON 2024, Menparekraf Minta Pelaku UMKM di Aceh Siapkan Produk Terbaik

Banda Aceh – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meminta masyarakat Aceh bersiap menyambut gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang akan berlangsung pada September mendatang. Di mana, Aceh dan Sumatera Utara (Sumut) telah ditetapkan sebagai tuan rumah ajang akbar itu.

Lebih khusus lagi, Sandi meminta pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan ekonomi kreatif (Ekraf) dapat berkontribusi dalam event olahraga empat tahunan itu, terutama dalam menyiapkan produk yang bakal dijadikan suvenir.

“Kepada teman-teman UMKM saya minta dapat menyiapkan produk-produk terbaik Aceh untuk dijadikan suvenir. Jangan sampai kehabisan suvenir saat PON nanti,” kata Sandi saat menutup Aceh Ramadhan Festival (Ramfest) 2024 di halaman Masjid Raya Baiturrahman (MRB), Banda Aceh, Senin (1/4/2024).

Sandi menyebutkan, PON Aceh-Sumut 2024 bakal dihadiri ribuan bahkan puluhan ribu orang. Hal ini secara tak langsung akan berdampak positif bagi kebangkitan ekonomi Tanah Rencong.

“Saya berharap pelaku UMKM ini dapat menggerakkan perekonomian dan membuka peluang untuk kesejahteraan masyarakat,” tutur politisi PPP.

Pada kesempatan itu, Sandiaga juga mengapresiasi pelaksanaan Aceh Ramadhan Festival 2024. Dia memandang pelaksanaan kegiatan yang masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 itu dapat memantik wisatawan untuk berkunjung ke Bumi Serambi Makkah.

“Hasil riset kita, 63 persen dari wisatawan yang berkunjung ke suatu tempat, 60 persen wisatawan yang datang ke suatu tempat ternyata mencari kuliner. Ini yang harus dikembangkan,” tandasnya. (mc/02)

Komentar