Presiden Biden: 0% Peluang Gencatan Senjata di Gaza

DUNIA – Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, membuat pernyataan mengejutkan terkait konflik di Gaza. Dalam konferensi pers akhir pekan lalu, ia tegas menyatakan bahwa peluang gencatan senjata di wilayah Palestina tersebut adalah nol persen.

“Tidak ada. Tidak ada kemungkinan,” tegas Biden saat diwawancarai oleh wartawan, sebagaimana dilansir Anadolu hari ini. Senin, 13 November 2023.

Meski begitu, Biden tetap mempertahankan optimisme terkait pembebasan sandera. Menurutnya, pemerintah Amerika Serikat tidak akan tinggal diam hingga Hamas melepaskan semua sandera yang mereka tahan.

“Kita tak akan berhenti sampai kita mendapatkan mereka (semua sandera),” tambahnya dengan tekad kuat.

Pernyataan kontroversial ini muncul setelah Juru Bicara Keamanan Nasional, John Kirby, mengumumkan keputusan Israel untuk memberikan “jalur kemanusiaan” selama empat jam setiap hari di Gaza bagian utara. Jeda ini diharapkan dapat memungkinkan pengiriman bantuan kemanusiaan ke wilayah yang membutuhkan.

Namun, tidak dapat diabaikan bahwa Kementerian Kesehatan di Gaza melaporkan lebih dari 11.100 warga sipil tewas sejak 7 Oktober, termasuk lebih dari 8.000 anak-anak dan wanita. Sementara itu, Israel mencatat 1.400 kematian, sebagian besar terjadi dalam serangan balasan terhadap Hamas.**

 

Disclaimer : Artikel ini pernah tayang di CNBC Indonesia dengan judul : Biden Sebut 0% Peluang Gencatan Senjata di Gaza

Komentar