Hadapi Panama di Piala Dunia, Ini yang Dilakukan Bima Sakti!

JAKARTA – Antusiasme menyelimuti Timnas (Tim Nasional) U-17 Indonesia, yang siap melakoni pertandingan keduanya di Grup A Piala Dunia U-17 2023, menghadapi tim tangguh, Panama. Pelatih Bima Sakti mengungkapkan bahwa timnya telah melakukan persiapan matang, menggali informasi tentang kekuatan dan kelemahan lawan, serta merancang taktik khusus untuk mengamankan kemenangan.

“Kami sudah menemukan videonya, dan juga sudah kami informasikan ke pemain bagaimana kekuatan dan kekurangan mereka. Kami menanyakan ke pemain dan harus satu persepsi. Semoga pemain bisa menerapkan sesuai game plan,” ujar Bima Sakti dengan penuh keyakinan.

Panama, setelah mengalami kekalahan 0-2 melawan Maroko, diharapkan menjadi sasaran empuk bagi Iqbal Gwijangge dkk. yang berhasil meraih hasil imbang 1-1 melawan Ekuador pada pertandingan sebelumnya. Meski begitu, Bima Sakti menegaskan bahwa timnya tidak boleh meremehkan kekuatan lawan.

“Sepak bola tidak seperti matematika. Yang paling penting, fokus setiap pertandingan,” tandasnya. Pelatih berpengalaman itu juga memastikan bahwa untuk menjaga kebugaran pemain, beberapa perubahan dalam susunan pemain inti bisa saja dilakukan.

“Kemungkinan rotasi tapi tidak banyak. Mungkin ada berapa posisi yang kami harus ubah. Kami lihat besok. Dari hasil di atas kertas, harusnya bisa (menang atas Panama). Tapi sepak bola tidak seperti matematika. Yang paling penting, fokus setiap pertandingan,” ucap Bima Sakti.

Kabar baiknya, Amar Brkic, yang sebelumnya sempat mengalami masalah kesehatan, kini sudah siap tampil. Keberadaan pemain berdarah Bosnia tersebut diharapkan akan memberikan kekuatan tambahan bagi Garuda Muda.

“Amar sudah bisa berlatih seratus persen sejak kemarin. Dia latihan sama-sama dan bergabung dengan teman-teman yang lain. Kami berharap kondisi pemain bisa lebih baik karena dua hari recovery. Kami ice bath kemudian massage,” tutur Bima Sakti, sambil menyambut dengan senang hati kembalinya pemain tersebut.

Senada dengan pelatihnya, bek kanan Welber Jardim juga menyambut positif kesempatan Amar untuk bermain. Welber menyatakan tekadnya untuk tampil lebih baik, bersama-sama dengan pemain lainnya, guna meraih kemenangan perdana.

“Evaluasi kami ada banyak, tim harus lebih kompak lagi. Kami latihan keras untuk pertandingan besok. Pelatih bicara, kami harus konsentrasi, komunikasi bagus. Kami mencoba berlatih satu lawan satu, jangan kalah di situ,” ungkap Welber Jardim, menambahkan semangat dalam persiapan tim.

Dengan adanya persiapan yang matang, dan kehadiran kembali pemain bintang seperti Amar Brkic, harapan kemenangan bagi Tim U-17 Indonesia saat pertandingan melawan Panama di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada hari ini, Senin, 13 November 2023.**

Komentar