Suporter Indonesia ‘Nyatakan Perang’ Sampah dengan Aksi #DatangBersihPulangBersih di Piala Dunia U-17 2023

SURABAYA – Pada gelaran Piala Dunia U-17 2023, suporter Indonesia tidak hanya menjadi penonton, tetapi juga agen perubahan dalam kampanye lingkungan yang menginspirasi. Aksi besar-besaran dengan tagar #DatangBersihPulangBersih berhasil menciptakan kejutan positif, membuktikan bahwa semangat nasionalisme tidak hanya terdengar dari sorakan di tribun.

Inisiatif bersih-bersih stadion yang digagas oleh komunitas peduli lingkungan di bawah naungan by.U Space dan didukung penuh oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir menjadi sorotan utama. Aksi dimulai usai pertandingan seru antara Indonesia dan Ekuador di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya pada Jumat (10/11). Dipimpin oleh pegiat lingkungan berbakat, Ikram Afro, suporter membanjiri stadion untuk membersihkan sampah, mengubahnya menjadi lautan kebersihan dalam sekejap.

Erick Thohir memberikan penghargaan tinggi kepada generasi muda yang berhasil menyatukan semangat dukungan tim U-17 dengan kesadaran terhadap lingkungan. “Hari ini tepat diperingati sebagai hari pahlawan. Rasa nasionalisme dan semangat para suporter tertuang di kota pahlawan tak sekadar dari teriakan menyemangati timnas bermain, tapi juga lewat aksi #DatangBersihPulangBersih. Salut,” ungkap Erick.

Sukses aksi ini tidak hanya terlihat dari stadion yang bersih tanpa sampah, tetapi juga dari efisiensi kerja petugas kebersihan. Ikram Afro, sang pemimpin aksi, mengajak suporter lain untuk menjadikan #DatangBersihPulangBersih sebagai tren positif di setiap pertandingan.

“#KamuBisa Buat Indonesia Bangga!! Dimulai dari hal kecil (bersihin sampah), kita bisa tunjukkan kalau INDONESIA bisa menjadi Tuan Rumah yang baik!” serukan Ikram dengan semangat. Ia juga mengajak seluruh suporter untuk melanjutkan aksi bersih-bersih pada laga-laga berikutnya.

Riko Ringgoanto, selaku Kepala by.U, menyatakan komitmen untuk mendukung inisiatif #DatangBersihPulangBersih. “Antusiasme dan kontribusi positif para pengguna by.U adalah bukti nyata bahwa bersama by.U #KamuBisa ikut mengharumkan citra dan reputasi kebanggaan Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggara Piala Dunia U-17 kali ini.”[]

Editor: Syaiful

Komentar