Bantuan Indonesia ke Palestina Tiba di Mesir

Dukungan Kuat untuk Masyarakat Gaza

MESIR – Pemerintah dan rakyat Indonesia telah menunjukkan dukungan dan kepedulian yang tulus terhadap masyarakat Palestina dengan mengirimkan bantuan kemanusiaan tahap pertama ke Gaza. Bantuan senilai 51,5 ton ini dilepas oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta pada Sabtu (04/11/2023).

Bantuan ini diangkut menggunakan dua pesawat C-130 Hercules TNI AU dan satu pesawat Airbus A330, yang mengikuti dua rute penerbangan berbeda. Dua pesawat Hercules melalui rute Jakarta – Aceh – Yangon (Myanmar) – New Delhi (India) – Abu Dhabi (UEA) – Jeddah (Arab Saudi) – El Arish (Mesir), sementara pesawat Airbus A330 terbang langsung dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang.

Meskipun pesawat Airbus A330 menghadapi kendala cuaca di sekitar El Arish dan dialihkan ke Bandara Internasional Kairo, pesawat tersebut tetap menjalankan misinya.

Wakil Menteri Luar Negeri RI, Pahala Nugraha Mansury, mewakili pemerintah RI dalam penyerahan bantuan kepada perwakilan Bulan Sabit Merah Mesir. Dalam pidatonya, Wamenlu menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia atas solidaritas yang mereka tunjukkan kepada masyarakat Palestina.

“Terima kasih kepada masyarakat Indonesia yang sudah menunjukkan solidaritasnya kepada masyarakat Palestina, mengumpulkan bantuan yang baru saja sampai di Bandara El Arish dan akan diserahkan ke Egyptian Red Crescent untuk dibawa ke perlintasan masuk ke wilayah Gaza,” ujar Pahala Nugraha Mansury.

Bantuan kemanusiaan tahap pertama ini mencakup berbagai barang logistik yang disesuaikan dengan kebutuhan mendesak masyarakat Palestina, seperti alat kesehatan, obat-obatan, tenda, selimut, pakaian hangat, dan bahan makanan.

Setelah menyelesaikan misi kemanusiaan mereka, dua pesawat Hercules TNI AU akan kembali ke Indonesia melalui rute penerbangan yang sama.[]

Editor: Syaiful

Komentar