Proses Naturalisasi Masuki Tahap Akhir Justin Quincy Hubner

JAKARTA – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengungkapkan untuk proses naturalisasi pemain kelahiran Belanda, Justin Quincy Hubner, yang memiliki darah keturunan Indonesia, telah memasuki tahap akhir. Pemain berbakat yang kini membela klub asal Inggris, Wolverhampton Wanderers, ini tinggal menunggu keputusan dari Presiden RI Joko Widodo dan pengambilan sumpah sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

Kabar baik ini disampaikan oleh Erick Thohir melalui akun Instagram pribadinya pada Jumat (3/11) malam. “Setelah pembicaraan lebih lanjut, proses naturalisasi pemain kelahiran Belanda yang memiliki darah keturunan Indonesia, Justin Quincy Hubner, sudah masuk tahap akhir,” kata Erick Thohir.

Justin Quincy Hubner memiliki darah Indonesia dari sang ayah, sedangkan ibunya adalah warga asli Belanda. Awalnya, ia dipandang sebagai salah satu calon andalan tim U-20 Indonesia yang akan tampil di Piala Dunia U-20 2023. Meskipun Indonesia akhirnya batal tampil dalam kompetisi tersebut, semangat Hubner untuk membela Merah Putih tetap berkobar.

Erick Thohir sangat berharap bahwa proses naturalisasi Hubner sebagai WNI akan berjalan lancar, dan ia melihatnya sebagai langkah positif untuk kemajuan sepak bola Indonesia. “Semoga semua tahapan akan berjalan dengan lancar demi memajukan sepakbola Tanah Air,” ujarnya.

Proses naturalisasi Hubner sebelumnya telah berjalan bersamaan dengan Ivar Jenner dan Rafael William Struick. DPR telah menyetujui proses naturalisasi ketiganya melalui sidang paripurna ke-19 Masa Sidang IV tahun sidang 2022-2023. Hubner sendiri sempat mengalami pasang-surut dalam proses ini, namun kini ia telah menunjukkan komitmen yang kuat untuk berkontribusi dalam timnas Indonesia.[]

Komentar