Lompat ke Laut saat Kapal Berlayar, Penumpang KMP Aceh Hebat 2 Ditemukan Selamat

Banda Aceh – Kondisi wanita penumpang Kapal Motor Penyeberangan atau KMP Aceh Hebat 2  yang nekat melompat ke laut kini terungkap setelah ditemukan selamat.

Korban ditemukan dalam kondisi selamat setelah hampir 24 jam usai lompat ke laut saat kapal yang ditumpanginya tengah berlayar.

Wanita yang belum diketahui identitasnya itu ditemukan selamat oleh nelayan Pulo Aceh, Minggu, 20 Agustus 2023.

Wanita itu merupakan penumpang Kapal Motor Penyeberangan atau KMP Aceh Hebat 2 yang melompat ke laut saat kapal sedang berlayar dari Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh menuju Balohan, Sabang, Sabtu, 19 Agustus 2023 sore.

Informasi wanita penumpang KMP Aceh Hebat 2 yang melompat ke laut dan ditemukan selamat ini beredar cepat di berbagai media sosial.

Bahkan salah satu foto yang beredar tampak wanita ini dalam kondisi sehat sedang makan di atas boat nelayan hingga foto itu pun viral.

Tim Basarnas, Yusuf yang dikonfirmasi media, Minggu (20/8/2023) untuk memastikan kebenaran informasi itu membenarkan info bahwa korban sudah ditemukan dalam kondisi selamat.

Ia juga mengirimkan bukti foto korban yang sedang makan di atas boat seperti yang beredar di media sosial, namun Yusuf tidak menyebutkanpukul berapa wanita ini ditemukan dakam kondisi selamat. .

“Lokasi Pasi Janeng Pulo Aceh ditemukan oleh nelayan. Saat ini korban sedang dijemput Tim Basarnas ke Pulo Aceh,” kata Yusuf.

Yusuf juga belum memberikan data korban serta motif wanita ini melompat ke laut.

Sebelumnya Seorang wanita diduga depresi nekat melompat dari Kapal Motor Penyeberangan atau KMP Aceh Hebat 2 ke laut ketika berlayar dari Pelabuhan Ulee Lheu Banda Aceh menuju ke Pelabuhan Balohan Sabang, Sabtu (19/8/2023).

Aksi nekat wanita ini membuat penumpang KMP Aceh Hebat 2 lainnya menjadi syok dan histeris.

Momen menegangkan tersebut juga sempat terekam CCTV kapal tersebut dan mendadak viral di media sosial, terutama di Sabang.

Momen menegangkan tersebut juga sempat terekam CCTV kapal tersebut dan mendadak viral di media sosial, terutama di Sabang.

Dia me lompat ke  laut di sekitar perairan tengah laut, Sabtu (19/8/2022).

Dalam video berdurasi singkat itu, tampak wanita yang mengenakan baju bewarna putih itu berdiri di pinggir kapal.

Ia tampak hendak melompat ke dalam laut, namun terlihat masih ragu.

Kemudian salah satu pria mencoba untuk menghentikan aksi wanita itu. Namun belum sempat menolong, wanita itu tiba-tiba melompat ke dalam laut.

Sontak seluruh pengunjung kapal yang menyaksikan aksi itu berteriak histeris.

Dikuti dari Antara, Plh General Manager ASDP Cabang Banda Aceh Tri Haryanto, di Banda Aceh membenarkan peristiwa tersebut, dan sampai saat belum korban belum juga ditemukan.

“Memang benar, telah terjadi penumpang yang sampai saat ini masih diduga dengan sengaja melompat dari kapal,” kata Tri Haryanto saat dikonfirmasi.

Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul sekitar pukul 18.05 WIB saat kapal menuju pelabuhan Sabang dari Ulee Lheue Banda Aceh, atau sekitar 2 mil lagi sampai ke pelabuhan Balohan.

Tri menyampaikan, penumpang yang diduga terjun ke laut tersebut adalah seorang perempuan, tetapi untuk identitas lengkap belum bisa disimpulkan.

“Perempuan, tetapi untuk identitas nya sementara ini kita masih mengumpulkan dan pencocokan data,” ujarnya.

Sejauh ini, lanjut Tri, korban belum ditemukan dan masih terus dilakukan upaya pencarian di seputaran pelabuhan Balohan oleh tim gabungan

“Korban belum ditemukan dan sedang dilakukan pencarian di seputaran pelabuhan Balohan,” demikian Tri Haryanto.

Basarnas lakukan pencarian

Kepala Seksi Operasi Basarnas Banda Aceh, M Fathur Rahman, Sabtu (19/8/2023) malam, mengatakan pihaknya menerima informasi penumpang kapal lambat itu melompat dari atas kapal pada pukul 18.00 WIB lebih, sesaat seelah kejadian itu mendekati pukul 18.00 WIB.

”Setelah mendapat informasi tersebut, kami langsung berkoordinasi dengan pihak setempat, pengelolah ASDP, TNI – Polri, dan Basarnas, kemudian tim langsung menuju titik lokasi kejadian yang sudah diberikan koordinatnya,” kata M Fathur kepada media, Sabtu (19/8/2023) malam.

M Fathur mengatakan pencarian wanita itu menggunakan satu RIB 01 Banda Aceh Basarnas, namun hingga pukul 21.00 WIN, wanita ini belum juga ditemukan.

Kemudian petugas memutuskan pencarian dihentikan atau distop sementara malam ini.

“Pencarian oleh tim gabungan akan dilanjutkan dilanjutkan kembali besok pagi,” tambah Fathur.

Komentar