Perbukitan Danau Laut Tawar Terbakar

ACEH TENGAH – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi di kawasan perbukitan Kabupaten Aceh Tengah, pada Selasa, 25 Juli 2023. Ada dua lokasi kebakaran, yakni Kecamatan Bebesen dan Kecamatan Bintang.

“Kebakaran itu terjadi di Perbukitan Pestak Tansaril Kecamatan Bebesen dan pinggiran Danau Laut Tawar, tepatnya di perbukitan Kampung Kalang, Kecamatan Bintang,” kata Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah Aceh Tengah, Andalika, kepada media, Selasa, 25 Juli 2023.

Menurut Andalika, kedua lokasi kebakaran itu awalnya terjadi menjelang Magrib tadi. Kebakaran di Pestak Tansaril bahkan diakui sempat padam, tetapi titik api kembali muncul.

“Kebakaran di Kampung Kalang, sampai sekarang belum bisa dipadamkan karena titik api di lereng bukit dan tidak bisa dijangkau oleh mobil pemadam kebakaran,” kata Andalika.

Andalika menambahkan, tim pemadam kebakaran, dibantu pihak keamanan TNI dan Polisi serta masyarakat fokus berjaga di dekat pemukiman di dua lokasi kebakaran tersebut.

“Untuk sekarang, luasan lahan karhutla di dua titik ini belum bisa kami hitung karena kami fokus ke pemadaman,” ujar Andalika.

 

Dikutip : AJNN.net

Komentar