Mahasiswa KKN Kelompok 11 Unimal Lakukan Sosialisasi PHBS di TK Desa Meunasah Rayeuk

Seputaraceh.id | Nisam – Mahasiswa yang mengikuti Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) yang tergabung dalam kelompok 11 dan ditempatkan di Desa Meunasah Rayeuk kec. Nisam, Kab. Aceh Utara, telah melaksanakan kegiatan sosialisasi PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) dan cuci tangan di TK Desa Meunasah Rayeuk, pada Kamis, 15/06/2023.

Adapun rangkaian kegiatan yang dilakukan berupa memperkenalkan perilaku hidup sehat dan bersih mulai dari hal-hal yang sederhana seperti membuang sampah pada tempatnya, memastikan kuku selalu dalam kondisi yang bersih serta mencuci tangan dengan cara 6 langkah sesuai aturan World Health Organization (WHO). Kegiatan ini dimotori oleh Mahasiswa Kedokteran yang ada di Kelompok 11 untuk mensosialisasikan kegiatan tersebut, selain itu Kelompok 11 juga mengajarkan anak-anak untuk selalu mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir sebagai bentuk perlindungan dari kuman penyakit.  kegiatan ini dilakukan dengan harapan masyarakat desa lebih peduli terhadap PHBS sejak usia dini. Mengingat tema KKN-PPM yaitu Membangun Desa untuk Mewujudkan Masyarakat yang Sehat, Cerdas, dan Berkualitas.

Selain kegiatan sosialisasi PHBS dan cuci tangan kepada anak-anak TK di Desa Meunasah Rayeuk, kelompok 11 juga menambah kegiatan belajar sambil bermain dengan media kertas origami, kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk membantu mereka  dalam membangun kreatifitas dari karya seni melipat kertas origami tersebut.

Sementara itu, dosen pembimbing lapangan Kelompok 11, Arief Rahman, S.Pd, M.Pd menyatakan bahwa  kegiatan yang digelar mahasiswa bimbingannya telah sesuai dengan kegiatan yang diprogramkan dan ia selalu mengingatkan bahwa program yang disusun mahasiswa KKN selain menarik, juga harus mendidik.

Komentar