Komisi III DPRK Banda Aceh Nilai Kinerja Bakri Siddiq Sudah On The Track

Banda Aceh – Ketua Komisi III DPRK Banda Aceh Irwansyah ST menilai sejauh ini pihaknya memantau kinerja Pj Wali Kota Bakri Siddiq sudah sesuai jalur (on the track), apalagi berbagai urusan dan program rakyat selalu menjadi prioritas Bakri Siddiq.

Hal itu disampaikan Politisi Fraksi PKS tersebut menyusul adanya aksi demo yang dilakukan segelintir orang (7 orang) di Balai Kota Banda Aceh, Senin pagi (7/11/2022). Aksi tersebut salah satunya menyoroti inflasi Banda Aceh bulan Oktober lalu, sementara berdasarkan data BPS, ibukota Provinsi Aceh malah mengalami deflasi.

“Kita melihat ada upaya yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, sarat dengan muatan politis. Saya melihat bukan murni suara warga, LSM, atau mahasiswa, tetapi ada kepentingan politis,” kata Irwansyah ST kepada wartawan, Selasa (8/11/2022).

Dia menilai sejak sebulan baru menjabat Pj Wali Kota, Bakri Siddiq juga pernah didemo. Padahal, kinerja sebulan masih belum bisa dijadikan sebagai rujukan keberhasilan penilaian.

“Inflasi yang memang terjadi akibat kenaikan BBM beberapa waktu lalu, kini turun. Malah kebalikannya sekarang kita Banda Aceh mengalami deflasi,” ujarnya.

Dia menuturkan inflasi terjadi bukan akibat gagalnya kinerja pemerintahan Bakri Siddiq namun kebijakan pusat yang menaikkan harga BBM. Menurutnya, tidak ada yang bisa mencegah itu terjadi karena hak prerogatif pada presiden bukan kepala daerah.

“Banda Aceh deflasi, malah dibilang inflasi naik. Deflasi itu laju inflasi turun dari acuan nilai inflasi pada bulan sebelumnya dengan merujuk pada bulan berjalan. Di sini yang kita nilai aneh aksi demo tidak disertai data akurat,” ungkapnya.

Apalagi, ujarnya, Bakri Siddiq juga aktif melakukan komunikasi dan lobi ke pusat untuk berbagai program pembangunan di Banda Aceh. Hingga kini, sudah lebih Rp50 miliar berhasil didapat untuk anggaran tambahan pembangunan Banda Aceh di tahun 2023.

“Pembayaran tunjangan pegawai sudah berjalan yang sebelumnya tersendat. Utang puluhan miliar terbayar. Kemudian, sistem pemerintahan bersih juga sudah diterapkan Pj Wali Kota. Kemudian kondisi keuangan yang mulai stabil,” jelasnya.

Dia berpesan untuk semua masyarakat Kota Banda Aceh agar mendukung kinerja pemerintahan Pemko Banda Aceh di bawah kepemimpinan Bakri Siddiq. “Masyarakat sudah cerdas dan melihat sendiri kinerja Bakri Siddiq,” tegasnya.

Komentar