Pogram Makan Gratis Siswa SMK PP Kutacane Sangat Membantu Siswa Miskin

Kutacane – Pengadaan konsumsi siswa sekolah menengah kejuruan pembangunan pertanian (SMK PP) Kutacane dirasakan oleh siswa dan wali siswa sangat membantu ,dan berterima kasih kepada pemerintah yang sudah memperhatikan mereka. Hal tersebut disampaikan siswa kepada media cetak dan online.

Orangtua siswa dan komite sekolah yang dihubungi media mengakui menu yang diberikan kepada siswa sudah sesuai standar dan bergizi,”dirumah kamipun nggak seperti ini” kata wali siswa.

Selama enam hari setiap minggunya menu berbeda ikan mujair,ikan lele,ikan mas,tahu, tempe,teri,ikan laut ,bubur dan juga daging.sebagian besar yang sekolah di SMK PP adalah siswa dari keluarga kurang mampu,miskin,yatim piatu.

“Setiap hari kami makan tiga kali sehari , makanannya lumayan dan bergizi serta makan tepat waktu setiap hari, sehingga kami lancar proses belajar mengajar dan lancar ibadah”kata perangkat OSIS SMK PP.

Anggota DPRA Aceh, Yahdi Hasan dan tim yang telah reses beberapa waktu lalu langsung meninjau ruang makan,menu serta mewancarai siswa,dan kedepan akan menambah jumlah siswa yang makan di asrama sehingga seluruh siswa bisa tertampung.

Dia juga mengaku akan menambah semua fasilitas yang memadai termasuk sarana ruang makan yang belum memadai serta tenaga dapur melalui Distanbun Aceh.

“Dengan gizi yang cukup, prestasi siswa SMK PP Kutacane menoreh prestasi tingkat daerah, nasional,ini patut di apresiasi kan sebagai kebanggaan daerah,”kata Yahdi Hasan dalam pertemuan resesnya beberapa waktu silam.

Selain itu tim Inspektorat Aceh juga sudah memeriksa kelayakan menu komsumsi siswa yang setiap tahunnya di periksa ke SMK PP Kutacane serta dengan pihak rekanan.Pihak SMK PP Kutacane terus memantau, pengawasan menu, kebersihan dan sanitasinya sehingga semua makanan konsumsi siswa layak konsumsi, sehat dan bergizi.

Kepala SMK PP Kutacane Muhammad SP MP menuturkan pihaknya sebagai penerima manfaat berharap untuk tahun 2023 bisa menambah jumlah penerima konsumsi siswa untuk keseluruhan siswa yang berjumlah 183 orang serta dapat boording school semua,dan mengucapkan terima kasih atas perhatian Kadistanbun Aceh,DPRA yang telah membantu, mensupport SMK PP Kutacane sehingga mendapat sejumlah bantuan rehab tahun 2022 hingga 2024 mendatang.

Selain itu, rencana pengadaan tanah SMK PP Kutacane untuk prodi Perkebunan. Ditambahkan kepala sekolah terbaik Aceh tenggara ini ,bahwa SMK PP Kutacane adalah penerima manfaat konsumsi siswa dan pengadaan menu sudah sesuai spek dari pihak rekanan.

“Apabila ada pihak pihak atau oknum yang mengatakan menu tidak bergizi adalah hoax yang tujuannya untuk mencari keuntungan pribadi dan mengorbankan pendidikan serta peserta didik dengan pemberitaan dugaan ,diduga, disinyalir sehingga meresahkan warga sekolah, orang tua siswa,komite apabila nantinya dihapus komsumsi siswa,kasihan anak anak dari keluarga miskin, seharusnya pihak pihak lain membantu pendidikan jangan dijadikan lahan untuk pungli,atau berdalih silaturahmi untuk mencari uang,” ujarnya.

pihak wali siswa, komite dalam rapat mengaku berterima kasih atas kepedulian lembaga SMK PP yang terus mengupayakan setiap tahunnya memberikan konsumsi kepada siswa . Adanya siswa masuk je sekolah pertanian adalah karena adanya komsumsi siswa ,kalau diboarding school lain kami mesti bayar rp.600.000 dan 650.000,_dan juga fasilitas asrama , akomodasi gratis.

“Kita patut bersyukur atas perhatian pihak sekolah dan pemerintah Aceh yang peduli terhadap pendidikan pertanian yang berkelanjutan serta dalam mencerdaskan anak bangsa” kata Qamaludin komite SMK pp Kutacane hal tersebut juga diiyakan wali siswa.

Komentar