Shadow

ANGIN PUTING BELIUNG RUSAK LAHAN PERTANIAN


KUTA CANE : Bencana alam angin puting beliung rusak lahan pertanian dan puluhan rumah warga Kecamatan Lawe Sumur dan Bambel Kabupaten Aceh Tenggara Prov Aceh Minggu petang (27/9).

Akibat angin kencang disertai hujan deras sejumlah hunian warga disana, alami kerusakan ringan dan berat, menyoritas kerusakan pada bahagian atap.

Informasi yg diterima Berita Senin siang (28/9) dari Kepala BPBD Agara via pesan WA Sekertarisnya Nazmy Desky dari hasil Pusdalops BPBD Agara menyampaiakan kronologis kejadian Minggu (27/9), telah terjadi angin kencang disertai hujan sekitar pukul 17.30 wib disejumlah wilayah Agara.

Mengakibatkan hancurnya atap rumah warga di Kute Pedesi Kec. Bambel sekitar 23 unit Rumah, berdampal bagi 25 kk 105 jiwa.

Sementara di Kute Lawe Sumur Kec. Lawe Sumur merusak lahan dan 2 unit rmh berdampak bagi 2 kepala Keluarga meliputi 6 jiwa, sementara di Kute Penosan Kec. Lawe Sumur angin kencang itu merusak 10 Unit Rumah,di Kute Terutung megakhe asli Kec. Bambel ada sekitar 10 unit rumah dari 11 kk serta berdampak untuk 49 jiwa, di kuta seri kec. Bambel ada 2 unit rmh dari 2 kk serta 5 jiwa alami kerugian dampak bencana alam itu. Terang Nazmy.

Tidak hanya rumah warga jadi korban bencana ini,ada puluhan lahan padi bakal gagal panen.

Dari kejadian ada beberapa pohon ikut tumbang langsung memutus akses transportasi warga dan aliran listrik, pohon tumbang sempat memutusk akses jalan Kute Pedesi Kec. Bambel, Kute Penosan Kec. Lawe Sumur, Kute Kisam Kute Kec. Lawe sumur Kab. Aceh Tenggara.

Dari pantauan tim BPBD dilapangan tampak warga mulai membersihkan rumah mereka dan saat ini sebahagian warga mengungsi ke rumah kerabat.

Sejak Senin (28/9) akses jalan sudah dapat di lalui warga pelitas.memang dari pantauan petugas dilapangan cuaca Di Agara pada minggu (27/9), cuaca tampak Ekstrim, dari kejadian ini tidak ada korban jiwa.

Insyaallah hari ini pihaknya BPBD Kab Agara akan lakukan penyerahan bantuan berupa sandang dan pangan kepada korban terkena dampak Puting beliung.Kata Nazmy Sekertaris BPBD Agara mengakhiri.

Sementara itu,sejumlah pegiat LSM lokal Kab Agara, dalam proses penyerahan bantuan sandang dan pangan kepada korban bencana puting beliung dinilai lamban.

Sementara itu Arafik beruh Ketua LSM Gakag mendorong pihak terkait harus ekstra cepat dalam menyalurkan bantuan apapun itu,saat ini kan masa Pandemi tengah mengancam kita, kalau tidak cepat di bantu, entar warga akan wara wiri mencari solusi untuk mereka, dengan cepat disalurkan, kemungkinan kecil klaster baru kasus COVID-19 tidak terjadi,karna warga menahan diri dirumah mereka.

Saya minta semua korban bencana untuk tetap sabar dan tabah dengan cobaan ini,hibau Arapik.(Jamil/Samsul

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x