Pendidikan Kader Pemimpin Muda Nasional (PKPMN) Tahun 2023 Berakhir, Misi untuk Meningkatkan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP)

Jakarta – Pendidikan Kader Pemimpin Muda Nasional (PKPMN) Angkatan IV Tahun 2023 secara resmi ditutup dalam sebuah upacara yang diadakan di Hotel Luminor, Pecenongan, Jakarta Pusat pada hari Minggu, 15 Oktober 2023.

Acara penutupan ini memaparkan keyakinan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) bahwa PKPMN akan memainkan peran penting dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) di masa depan.

IPP, yang merupakan singkatan dari Indeks Pembangunan Pemuda, telah menjadi fokus utama Kemenpora. Target yang ambisius telah ditetapkan: mencapai skor 56-60 dalam berbagai indikator relevan pada tahun 2024. Ini adalah langkah yang penting untuk mengejar ketertinggalan dan memastikan bahwa pemuda Indonesia memiliki daya saing di tingkat nasional dan internasional.

“Diharapkan melalui PKPMN di tahun-tahun selanjutnya, daya saing pemuda semakin meningkat,” ujar Asdep Kepemimpinan Pemuda Subroto.

Ia juga menekankan pentingnya upaya kolaborasi dengan berbagai kementerian/lembaga, termasuk BPKP, Kemenparekraf, UNJ, dan Kominfo, serta melibatkan pakar dan lembaga diklat kepemimpinan nasional. Semua ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam kepada peserta PKPMN.

Selama kegiatan ini, 100 peserta dari seluruh Indonesia mengikuti pelatihan dan kunjungan ke berbagai lembaga pemerintah dan organisasi, termasuk KPK, DPR RI, MK, Kantor Huawei, Gereja Katedral, dan Masjid Istiqlal. Mereka juga menerima materi dari narasumber yang berpengalaman dalam bidang kepemimpinan dan pembangunan pemuda.

Salah satu hal yang menarik adalah komitmen Kemenpora untuk menjaga keberlanjutan program ini dan melibatkan daerah-daerah di seluruh Indonesia. Hal ini akan memungkinkan rekrutmen peserta hingga di tingkat kabupaten/kota, sehingga lebih banyak pemuda dapat mengikuti program ini.

Dalam sambutannya, Subroto juga mengungkapkan harapan bahwa PKPMN dapat diperluas hingga ke tingkat daerah. Dengan upaya bersama, pemerintah berharap dapat melahirkan pemuda yang lebih unggul sebagai penerus kepemimpinan nasional di tahun-tahun yang akan datang.[]

Komentar