Menpora RI Dito Ariotedjo Resmi Buka Festival Pemuda Indonesia 2023

Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo memimpin pembukaan Festival Pemuda Indonesia 2023. Acara yang digelar di halaman Kantor Kemenpora, Jalan Gerbang Pemuda Nomor 3, Senayan, Jakarta Pusat, menyajikan defile 45 organisasi kepemudaan (OKP) sebagai pembukaan yang meriah. Selasa, 10 Oktober 2023.

“Selamat datang dan terima kasih kepada semua OKP yang telah bergabung dalam Festival Pemuda Indonesia tahun ini,” ujar Menpora Dito dengan penuh semangat.

“Saya ingin memberikan sambutan hangat, karena Kemenpora adalah rumah bagi kalian semua,” lanjutnya sambil tersenyum lebar.

Menpora Dito menjelaskan bahwa tujuan dari Festival Pemuda Indonesia adalah untuk mempersatukan dan membangun tali silaturahmi di antara generasi muda yang tergabung dalam berbagai organisasi kepemudaan. Ia juga memberikan kabar baik bahwa pendaftaran OKP peserta masih dibuka, dan semangat kolaborasi terus ditekankan.

“Bagi OKP yang belum menerima undangan atau yang telah menerimanya namun belum mendaftar, jangan khawatir, pendaftaran akan tetap dibuka hingga acara Festival Pemuda Indonesia berakhir pada tanggal 15 Oktober,” kata Menpora.

Festival ini mempertandingkan beragam kegiatan olahraga, baik prestasi maupun rekreasi, dengan partisipasi OKP peserta. Menpora Dito dengan sengaja ingin menyatukan dunia olahraga dan kepemudaan, menjelaskan bahwa keduanya sangat erat terkait. Kolaborasi yang kuat diharapkan bisa tercipta.

“Atlet-atlet kita adalah mayoritas generasi muda. Sebaliknya, generasi muda juga dapat memanfaatkan program-program kepemudaan. Dalam Festival Pemuda Indonesia, kami berharap adanya sinergi dan kolaborasi antara kedua bidang ini,” jelas Menpora.

Menpora Dito juga mengajak masyarakat luas, khususnya generasi muda, untuk turut serta dan menikmati beragam acara dalam Festival Pemuda Indonesia 2023, yang berlangsung dari 10 hingga 15 Oktober. Festival ini tidak hanya menampilkan kompetisi olahraga, tetapi juga menghadirkan hiburan, talkshow, pameran UMKM, dan kegiatan keagamaan.

“Festival Pemuda Indonesia kami selenggarakan dalam rangka merayakan Hari Sumpah Pemuda. Meskipun bukan acara puncak peringatan Sumpah Pemuda, saya yakin ini akan menjadi momen yang sangat berkesan,” ujar Menpora.

“Semoga kita dapat menjalin hubungan yang baik, bersenang-senang, dan mempererat tali persaudaraan. Sekarang, dengan bangga, saya resmi membuka Festival Pemuda Indonesia,” kata Menpora sembari menekan sirene bersama jajaran deputi Kemenpora dan para pimpinan OKP.

Festival Pemuda Indonesia 2023, yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI), resmi dibuka oleh Menpora RI Dito Ariotedjo pada sore hari Selasa, 10 Oktober. Acara ini melibatkan berbagai organisasi kepemudaan (OKP) Indonesia dan mempertandingkan berbagai jenis olahraga prestasi dan rekreasi.

Deputi 1 Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora, Asrorun Ni’am Sholeh, dalam laporannya, menggarisbawahi bahwa kegiatan kepemudaan biasanya berkaitan dengan kepemimpinan, kepeloporan, dan partisipasi. Namun, dalam festival ini, olahraga menjadi fokus utama dengan tujuan untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental generasi muda.

“Mengutipnya, “Olahraga adalah kunci untuk membangun kebugaran fisik yang pada gilirannya memengaruhi pemikiran yang lebih rasional. Pemikiran yang rasional mendorong kita untuk memberikan kontribusi yang optimal bagi negara dan bangsa.”

Festival Pemuda Indonesia menampilkan berbagai jenis olahraga, mulai dari olahraga prestasi seperti futsal dan badminton, dengan 34 tim yang berpartisipasi dalam total 35 tim peserta. Ada juga kompetisi ganda putra badminton dengan 32 tim serta ganda putri dengan 16 tim.

Selain itu, olahraga rekreasi seperti gobak sodor atau hadang, tarik tambang, dan bentengan juga menjadi bagian dari festival ini. Delapan tim bersaing dalam kompetisi bentengan, sementara 24 tim bersaing dalam tarik tambang dan 18 tim berpartisipasi dalam gobak sodor.

Lebih dari sekadar prestasi dan kemenangan, tujuan utama dari festival ini adalah memperkuat hubungan sosial, kebersamaan, dan solidaritas di antara generasi muda. Melalui olahraga, festival ini mendorong nilai-nilai sportivitas dan kerukunan.

Festival Pemuda Indonesia berlangsung mulai tanggal 10 hingga 15 Oktober. Selain pertandingan olahraga, acara ini juga menyuguhkan seminar, talkshow, acara keagamaan, pameran UMKM dan kuliner, serta penampilan artis ternama seperti JKT48, Ungu Band, dan The Rain.

“Ini adalah kesempatan baik untuk memanfaatkan Kantor Kemenpora sebagai rumah yang ramah bagi pemuda Indonesia,” kata Deputi Asrorun Ni’am, mengajak semua orang untuk turut serta dalam festival ini.

Saat ini, ada 45 OKP yang berpartisipasi dalam Festival Pemuda Indonesia. Namun, Kemenpora masih membuka pendaftaran bagi OKP lain yang ingin ikut serta, khususnya dalam kategori olahraga rekreasi.

Di antara OKP yang ikut dalam festival ini termasuk AMPI, AMSI, AMK, Bakornas Fokusmaker, Barisan Ksatria Nusantara, Barisan Masa Demokrat, Barisan Muda Kosgoro 57, BPN Gesid Generasi Emas Indonesia, DPN APPI, DPP Sesmi, DPP SPI, Gemura, Hima Kosgoro 57, Mahasiswa Islam, KM Demokrat, KNPD, Kopri PMII, dan banyak lagi.[]

Komentar