Sambut PON 2024, Penjabat Gubernur Minta Percepatan Persiapan

Medan – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Hassanudin, menggulirkan semangat tinggi dalam rapat koordinasi persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 bersama Pengurus Besar Pekan Olahraga Nasional Sumut (PB PON Sumut). Acara yang digelar di Lantai 10 Kantor Gubernur Sumut ini menjadi panggung untuk menegaskan kesiapan Sumut sebagai tuan rumah yang akan menggelar event olahraga bergengsi ini pada September 2024.

Dalam pertemuan ini, Rabu, 13 September 2023, Hassanudin menekankan perlunya percepatan persiapan. PON 2024 tinggal beberapa bulan lagi, dan semua kendala yang masih menghambat harus segera diselesaikan. Menurutnya, kelancaran administrasi dan kesiapan infrastruktur adalah kunci sukses acara ini.

“Segera tuntaskan kendala-kendala yang ada, termasuk yang masih isu, karena kita tidak ingin event besar terhambat, persiapannya harus matang dan benar secara administrasi,” tegas Hassanudin.

Hassanudin juga mempertimbangkan pentingnya kesiapan atlet. Karena Sumut berperan sebagai tuan rumah, kesiapan atlet menjadi kunci untuk meraih prestasi maksimal. Keuntungan bagi Sumut adalah dekatnya lokasi penyelenggaraan PON, sehingga atlet lokal memiliki keunggulan dalam mengenal lingkungan.

“Keuntungan tuan rumah kita dekat dengan lokasi penyelenggaraan, kita kenal dengan lingkungan yang digunakan, karena itu persiapkan atlet-atlet kita sebaik mungkin,” tambahnya.

Selain itu, Hassanudin mendorong Pengurus Besar Pekan Olahraga Nasional Sumut (PB PON Sumut) untuk bekerja ekstra dalam persiapan PON 2024. Event ini akan membawa dampak jangka panjang bagi Sumut, termasuk pembangunan Sport Centre yang diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Prospeknya bukan cuma PON, itu jangka pendek jangka panjangnya Sport Centre bisa meningkatkan perekonomian masyarakat kita karena di sana ada kegiatan baru, ada fasilitas baru, karena itu bekerja ekstra jangan adalah kesalahan pada prosesnya,” kata Hassanudin.

Dalam tanggapannya, Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan (Kadispora) Sumut, Baharuddin Siagian, memastikan bahwa proses pembangunan venue berjalan dengan baik. Kendala-kendala yang muncul telah diatasi, dan persiapan PON 2024 wilayah Sumut berada dalam jalur yang benar, baik dari segi infrastruktur maupun kesiapan atlet dan pendukung lainnya.

“Kita berada pada jalur yang baik, baik dari segi fisik maupun non fisik. Ada sedikit kendala di lapangan saat ini, tetapi sudah kita selesaikan dan pembangunan venue baik di Sport Centre maupun yang di luar terus berjalan,” ungkap Baharuddin.

Rapat koordinasi ini juga dihadiri oleh beberapa pejabat dan kepala dinas terkait, termasuk Sekda Pemprov Sumut Arief S Trinugroho, Inspektur Lasro Marbun, Kepala BPKAD Ismael Parenus Sinaga, dan Kadis Kominfo Ilyas S Sitorus.

Komentar