Sawah Padi Megah Bertengger di Tengah Pencakar Langit Jakarta!

Jakarta – Dalam gemerlap kota metropolitan Jakarta, ada suatu keajaiban yang mungkin jarang diketahui oleh warganya. Sebuah hamparan sawah hijau yang memikat hati, masih berdiri kokoh di tengah pusat Ibu Kota yang sibuk dengan gedung-gedung pencakar langitnya.

Detik menakjubkan ini bisa ditemukan di kawasan Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara. Dalam laporan eksklusif detikcom yang diambil Senin ini, 11 September 2023, kami menemukan keindahan lahan pertanian ini yang berdampingan dengan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Rorotan.

Yang lebih menarik lagi, jika Anda berkendara di Jalan Inspeksi Kanal Timur, Anda akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan dari sawah-sawah hijau ini yang berada hanya beberapa meter di bawah jalan. Kawasan pertanian ini membentang sekitar 1 kilometer di sisi Banjir Kanal Timur (BKT), menciptakan kontras menarik antara alam dan perkotaan.

Namun, keunikan Rorotan tidak hanya terletak pada keindahan alamnya. Saat masuk ke kawasan ini dari samping jalur BKT, Anda akan melihat betapa hidupnya kawasan ini. Rumah-rumah penduduk berjejer di sepanjang sisi sawah, menciptakan perpaduan yang menarik antara alam dan urbanisasi.

Sawah-sawah ini juga telah dipetak-petakan berdasarkan pemiliknya, termasuk beberapa yang dimiliki oleh pemerintah DKI Jakarta. Plang berwarna biru tua milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menandai sebagian dari mereka, dengan tulisan tegas “Dilarang Masuk. Tanah Hak Milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Cq. Dinas Pertamanan dan Hutan Kota.”

Melihat lebih dekat, sejumlah sawah masih dipenuhi padi yang sudah mulai menguning. Sementara di area lain, sawah-sawah telah rapih setelah panen. Di tengah hamparan hijau ini, dtemukan bangunan semi permanen yang diperkirakan sebagai tempat beristirahat para petani.

 

Detik

Komentar