Presiden Jokowi Bersama Ibu Iriana Berangkat ke KTT G20 di India

Kedatangan Meriah di India, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Disambut dengan Tarian Tradisional

Jakarta – Dalam suasana yang penuh semangat, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), beserta Ibu Iriana Jokowi, bersama rombongan besar, telah berangkat menuju New Delhi, India, untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang sangat dinanti-nantikan. Mereka lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, pada Jumat (08/09/2023) sekitar pukul 14.45 WIB.

KTT G20 di New Delhi merupakan panggung besar dalam diplomasi global, dan Presiden Jokowi dijadwalkan untuk menjadi salah satu peserta kunci dalam peristiwa ini. Selain menghadiri KTT G20, Presiden Jokowi juga akan melakukan sejumlah pertemuan bilateral dengan beberapa pemimpin negara, yang diperkirakan akan membahas isu-isu penting termasuk stabilitas dan perdamaian di dunia.

Sebelum keberangkatan, dalam konferensi pers yang diadakan setelah KTT ASEAN ke-43 di Jakarta Convention Center (JCC), Presiden Jokowi berbicara tentang komitmen Indonesia dalam KTT G20. Dia menekankan pentingnya stabilitas dan perdamaian sebagai kunci untuk kemakmuran dunia. “Besok siang saya berangkat ke G20 Summit di India dan komitmen apa yang akan kita bawa ke sana, menurut saya stabilitas dan perdamaian adalah kunci kemakmuran bahwa dunia membutuhkan safe house,” ucap Presiden.

Selain itu, Presiden Jokowi juga menegaskan pentingnya kolaborasi dan kerja sama internasional. Indonesia berkomitmen untuk terus mewakili kepentingan negara-negara berkembang, dengan fokus pada inklusivitas dan hak-hak rakyat untuk mencapai kesejahteraan, termasuk dalam pengembangan industri.

Dalam perjalanan ini, Presiden Jokowi didampingi oleh sejumlah menteri kabinet, termasuk Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Kedatangan Meriah di India, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Disambut dengan Tarian Tradisional

Setelah melewati penerbangan panjang selama sekitar 6 jam, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), bersama Ibu Iriana Jokowi dan rombongan resmi tiba di Air Force Station (AFS) Palam, New Delhi, Republik India, pada Jumat malam (08/09/2023). Kedatangan mereka dengan pesawat Garuda Indonesia (GIA-1) berlangsung dengan lancar dan penuh kegembiraan, mendarat pada pukul 19.40 waktu setempat (WS) atau 21.10 WIB.

Udara hangat India menyambut dengan hangat kedatangan Presiden dan Ibu Iriana. Di bawah tangga pesawat, tampak Duta Besar Republik Indonesia di New Delhi, Ina Krisnamurthi, serta Atase Pertahanan KBRI New Delhi, Laksma Didik Kurniawan, beserta istri mereka yang menyambut Presiden dan Ibu Iriana dengan tulus.

Tidak hanya itu, penyambutan ini juga disertai dengan tarian tradisional Bihu dari negara bagian Assam, India. Para penari berpakaian merah cerah mengisi suasana dengan keindahan gerakan mereka, menambah kemeriahan kedatangan Presiden Jokowi dan Ibu Iriana di bandara tersebut.

Setelah tiba di bandara, Presiden dan Ibu Iriana beserta rombongan melanjutkan perjalanan mereka menuju hotel tempat mereka akan bermalam selama berada di New Delhi, India.

Kedatangan mereka di hotel juga disambut meriah oleh sejumlah pegawai KBRI New Delhi dan diaspora Indonesia yang berada di sana.

Komentar