Presiden Jokowi Ajak Indonesia ‘Berjaya’ Melalui Haornas 2023

Jakarta – Hari Olahraga Nasional (Haornas) tahun ini disambut dengan semangat juang yang tinggi oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Melalui akun Twitter pribadinya @Jokowi, beliau mengajak seluruh bangsa Indonesia untuk menjadikan peringatan Haornas 2023 sebagai momen penting untuk meraih kemenangan. Sabtu, 9 September 2023.

“Mari menjadikan Hari Olahraga Nasional 2023 ini sebagai momentum untuk berjaya,” ujar Presiden, menegaskan pentingnya olahraga dalam membentuk jiwa dan karakter bangsa.

Beliau tidak hanya menyoroti prestasi atlet-atlet Indonesia di kancah internasional yang dapat mengharumkan nama negara, tetapi juga mendorong masyarakat untuk menjadikan olahraga sebagai bagian dari gaya hidup sehari-hari. Menurut Presiden, olahraga bukan hanya tentang fisik, tetapi juga tentang jiwa yang optimistis, pikiran yang jernih, dan kepercayaan diri yang tinggi.

Senada dengan Presiden, Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung juga mengingatkan pentingnya nilai-nilai olahraga, seperti kerja keras, dedikasi, dan ketekunan. “Cabang olahraga apapun mengajarkan kita tentang arti kerja keras, dedikasi, pantang menyerah,” ujar Seskab, yang menjelaskan bahwa olahraga tidak hanya mengajarkan kemenangan, tetapi juga bagaimana kita merespons kekalahan dengan sportivitas.

Dalam tema Haornas 2023 yang bertajuk “Gelanggang Semangat Pemenang,” Seskab juga menekankan pentingnya jiwa sportivitas dalam olahraga. “Kalau menang bersyukur dan kalau kalah tetap harus pada posisi badan yang tegap dan bisa menerima kekalahan dalam olahraga,” kata Pramono.

Lebih lanjut, Seskab berbagi pengalaman pribadi tentang betapa berolahraga secara teratur telah membantu meningkatkan produktivitas, kesehatan, dan kekuatan jiwa. “Dengan berolahraga saya menjadi produktif, jiwa saya menjadi sehat dan kuat, dan sekaligus menyegarkan pikiran saya secara pribadi,” ujarnya.

Seskab pun mengajak masyarakat Indonesia untuk membudayakan olahraga dalam kehidupan sehari-hari dan bersama-sama mewujudkan Indonesia maju, hebat, dan bersatu. “Mari jadikan olahraga sebagai gaya hidup kita sehari-hari dan mewujudkan Indonesia maju, Indonesia hebat, Indonesia raya yang semakin bersatu,” tandas Seskab.

Komentar