Rencana Pembangunan Lima Jembatan di Bener Meriah Ditinjau BNPB

BENER MERIAH – Penjabat (Pj) Bupati Bener Meriah, Haili Yoga, menemui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Republik Indonesia di Jakarta, Pada 5 Oktober 2022 lalu. Dalam pertemuan itu, Pj Haili mengusulkan beberapa titik pembangunan jembatan pasca diterjang bencana di kabupaten itu.

Usulan tersebut langsung disampaikan kepada Direktur Perencanaan Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB, Jhonny Sumbung di ruang kerjanya. Sementara, atas dasar usulan itu, Tim Monitoring Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB RI akhirnya meninjau lokasi titik jembatan pasca bencana alam tersebut pada Minggu 16 Juli 2023 kemarin.

“Ada lima titik jembatan yang InsyaAllah akan dibantu anggarannya dari BNPB Pusat, saat ini masih dalam tahap verifikasi,” kata Kepala BPBD Bener Meriah, Safriadi, saat dikonfirmasi Senin 17 Juli 2023.

Sebelumnya kata dia, pihaknya mengusulkan 25 titik jembatan, kemudian menjadi 9 titik jembatan dan pada akhirnya hanya 5 titik jembatan yang masuk dalam verifikasi.

“Tim Monitoring BNPB di Bener Meriah hanya 2 hari melakukan verifikasi kebutuhan rehabilitasi dan rekonstruksi paska terjadinya bencana di lima titik tersebut, setelah itu mereka kembali ke Jakarta,” katanya.

Safriadi menjelaskan, selanjutnya, pihaknya akan kembali melengkapi kebutuhan – kebutuhan persyaratan yang akan verifikasi kembali oleh BNPB pusat terhadap lima titik jembatan itu.

“Jadi untuk prosesnya masih panjang, mungkin ada lima tahap lagi. Semoga pembangunan itu cepat terealisasi demi kepentingan masyarakat dilima lokasi titik jembatan tersebut,” kata dia.

AJNN

Komentar