Cerita Warga di Lhokseumawe : Berobat dengan Program JKN Sangat Mudah, Tidak Ribet !

Seputaraceh.id – Keberadaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sudah tak asing bagi Monarisa Salsabilla (28). Ibu muda dengan dua orang putra ini sudah sangat akrab dengan manfaat jaminan pembiayaan biaya pelayanan kesehatan yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan. Hal tersebut karena hingga saat ini terhitung sudah beberapa kali ia dan keluarganya memanfaatkan Program JKN untuk keperluan berobat sang anak.

“Sekarang kalau berobat di rumah sakit selalu pakai BPJS, tapi memang dulu sekali kami sempat nggak mau pakai karena dengar-dengar dari teman pakainya ribet,” cerita wanita yang akrab disapa Mona ini.

Ditemui saat tengah membawa serta kedua anaknya menemui sanak saudara yang berdomisili di Kota Lhokseumawe, Mona juga tak segan mengakui bahwa kesulitan penggunaan pelayanan Program JKN yang pernah diceritakan orang-orang terdekatnya tentang itu sama sekali tidak benar.

“Ternyata tidak payah sama sekali (pakai BPJS), anak pertama saya waktu masih usia bayi sempat demam tinggi dan panik sekali karena rupanya belum didaftar jadi tanggungan kantor suami, saya langsung datang ke kantor BPJS untuk lapor dan daftar, nggak sampai 30 menit sudah siap,” ujar Mona kepada tim Jamkesnews, Kamis (29/12).

Tak hanya itu, Mona juga mengaku bahwa pelayanan kesehatan yang ia dapatkan sama baiknya dengan pelayanan kesehatan atau berobat dengan membayar secara pribadi.

“Bayar sendiri pun kalau berobat harus antri karena yang sakit kan bukan cuma kita saja, banyak juga orang lain yang butuh penanganan segera, jadi jangan egois ingin didahulukan, tapi pengalaman ya kalau memang darurat dan kita pakai BPJS juga langsung diutamakan, tergantung kondisi yang sakit,” terang Mona.

Terdaftar sebagai peserta tanggungan pekerja pada salah salah satu bank swasta di Provinsi Aceh, Mona juga menambahkan bahwa kini ia sedikit lebih lega dan tenang karena telah mengantongi identitas Program JKN.

“Ia lebih tenang sekarang, kalau dulu selalu harus sisihkan tabungan untuk keperluan kalau-kalau keluarga sakit, tapi sejak tau betapa mudahnya pakai BPJS, tabungannya bisa dialihkan untuk keperluan lain, kayak untuk healing-healing,” ujar Mona mengakhiri perbincangan sembari tersenyum.[Ril-Jamaluddin]

Komentar