DLHK Aceh Barat ciptakan kawasan publik bebas dari tumpukan sampah, begini caranya

Meulaboh – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Aceh Barat kini terus berupaya menciptakan kebersihan di kawasan publik, agar terbebas dari tumpukan sampah.

“Salah satu upaya yang kita lakukan untuk menciptakan kebersihan di fasilitas publik, yaitu dengan menempatkan kontainer untuk menampung sampah masyarakat,” kata Kepala DLHK Kabupaten Aceh Barat Bukhari di Meulaboh, Ahad.

Ia menjelaskan, penempatan kontainer sampah tersebut dimaksudkan agar masyarakat yang berada di pusat perkotaan, termasuk pedagang di pusat pasar tradisional, agar lebih mudah membuang sampah di tempat yang telah disediakan.

Selain itu, penempatan sarana pembuangan sampah di fasilitas publik, juga dimaksudkan untuk menciptakan kebersihan di pusat perbelanjaan dan pasar tradisional, sehingga diharapkan dapat menciptakan kebersihan dan lingkungan yang sehat.

Bukhari juga menambahkan penempatan kontainer sampah di sejumlah sarana publik di Aceh Barat, juga sebagai upaya untuk mengedukasi masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya.

“Jadi, dengan adanya edukasi seperti ini, kita harapkan masyarakat lebih sadar untuk tidak lagi membuang sampah di sembarangan tempat,” katanya menambahkan.

DLHK Aceh Barat juga mengimbau kepada seluruh masyarakat di Aceh Barat agar tidak membuang sampah di saluran pembuangan air, selain berbahaya bagi kesehatan, membuang sampah di sembarangan tempat juga menjadi pemicu terjadinya genangan banjir di pemukiman warga saat diguyur hujan lebat, demikian Bukhari.

Sumber : Antaranews.com

Komentar