Babinsa Kodim 0103/Aceh Utara Bantu Petani Bersihkan Gulma Tanaman Timun

ACEH UTARA – Petani di Desa Buket, Kuta Makmur, Aceh Utara, mendapatkan dorongan positif dari Serda Heriadi, Babinsa Koramil 02/Ktm Kodim 0103/Aceh Utara. Serda Heriadi tidak hanya memberikan motivasi kata-kata, tetapi turun langsung ke sawah untuk membantu membersihkan gulma yang menghambat pertumbuhan tanaman timun. Senin, 27 November 2023.

Dalam aksinya, Serda Heriadi melakukan pembersihan dengan mencabut rumput dan menyemprotkan racun gulma di sekitar tanaman timun. Langkah ini diambil dengan pemahaman bahwa kebersihan dan perawatan tanaman merupakan kunci kesuburan, yang pada akhirnya akan meningkatkan hasil panen.

“Penyemprotan racun gulma dan rumput ini sangat penting agar pertumbuhan tanaman menjadi lebih subur sehingga dapat meningkatkan hasil panen nantinya,” ungkap Serda Heriadi.

Selain membantu secara fisik, Serda Heriadi juga memberikan pemahaman kepada para petani tentang teknik perawatan tanaman, seperti pemupukan dan penyemprotan hama. Langkah ini diharapkan dapat memberdayakan petani untuk meningkatkan hasil panen mereka.

“Kami juga memberikan pemahaman untuk melakukan perawatan tanaman dengan cara pemupukan serta penyemprotan hama, sehingga hasil panen dapat dimaksimalkan guna membantu perekonomian petani,” jelasnya.

Pendekatan yang dilakukan oleh Babinsa tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan penghasilan petani, tetapi juga untuk mengajak mereka bercocok tanam selain padi. Dengan diversifikasi tanaman, masyarakat diharapkan dapat memperoleh hasil tambahan dari tanaman timun, sehingga waktu menunggu panen padi tidak sia-sia.

Serda Heriadi juga menekankan bahwa keberhasilan dalam pertanian tidak hanya berdampak pada perekonomian, tetapi juga pada kesejahteraan keluarga petani. Hasil panen dari perkebunan timun dapat menjadi konsumsi bagi keluarga petani, menciptakan dampak positif yang lebih luas di tingkat rumah tangga.

Kehadiran Babinsa di lapangan tidak hanya sebatas memberikan bantuan fisik, tetapi juga sebagai jembatan untuk menyampaikan aspirasi petani ke pihak terkait. Serda Heriadi memastikan bahwa permasalahan dan keluhan petani dapat didengar dan diselesaikan.**

Editor: Syaiful

Komentar