Hardikda ke-64 di Aceh Utara, Siswa dan Guru Terima Penghargaan

ACEH UTARA — Sejumlah siswa, guru dan sekolah di Kabupaten Aceh Utara menerima penghargaan pada momen peringatan Hari Pendidikan Daerah (Hardikda) Aceh ke-64, berlangsung di lapangan upacara Landing Kecamatan Lhoksukon, Senin, 4 September 2023.

Penjabat Bupati Aceh Utara Dr Drs Mahyuzar, MSi, langsung bertindak sebagai inspektur upacara pada momen kegiatan tersebut. Penyerahan penghargaan oleh Pj Bupati Mahyuzar dilakukan seusai pelaksanaan upacara, turut didampingi oleh Sekretaris Daerah Dr A Murtala, MSi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jamaluddin, SSos, MPd, dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Aceh Kabupaten Aceh Utara Drs Ahmad Yamani, MPd.

Para siswa penerima penghargaan meliputi para juara Olimpiade Sains Nasional (OSN) jenjang SD tingkat Kabupaten Aceh Utara bidang IPA, masing-masing Juara I Muhammad Amir Abdullah dari SD Swasta Al-Alaq Dewantara, Juara II Naufal Aditya dari SD Negeri 3 Dewantara, Juara III Alya Zafirah dari SD Negeri 2 Lhoksukon, Juara IV Nuzul Akram Pratama dari SD Negeri 3 Lhoksukon, dan Juara V Salsabila dari SD Negeri 2 Lhoksukon.

Sedangkan para Juara OSN jenjang SD bidang Matematika masing-masing Juara I Aura Safina dari SD Negeri 3 Nisam Antara, Juara II T Hayfa Zafran dari SD Negeri 16 Dewantara, Juara III M Falyash Naziwa dari SD Swasta Al-Alaq Dewantara, Juara IV Ulfatul Muna dari SD Swasta Pinus, dan Juara V Quinsya Madina Dienka dari SD Negeri 2 Lhoksukon.

Penghargaan juga diberikan untuk tenaga Perpustakaan Berprestasi, Juara I diraih oleh Safriani, SAg (SMPN 3 Syamtalira Aron), Juara II Marliza, SPd (SMPN 1 Tanah Jambo Aye), dan Juara III Mutiah (SMPN 1 Matangkuli). Untuk Pengawas SD berprestasi, Juara I diraih oleh Zainawati, MPd, Juara II Maisarah, MPd, dan Juara III Rosmawati, MPd.

Untuk Pengawas SMP berprestasi masing-masing Juara I Isnawar, MPd, Juara II Zuriati, SPd, Juara III Zalikha, SPd. Para Penilik Sekolah berprestasi diraih oleh Khairul Husna AR, SSos (Juara I), Juliati, SE (Juara II), dan Muhammad Abbas (Juara III). Berikutnya untuk Tenaga Administrasi SMP Berprestasi diraih oleh Nurlina, SAP, dari SMPN 1 Matangkuli (Juara I), Dewiyani, AMd, dari SMPN 1 Meurah Mulia (Juara II), dan Mutiya, SHI, dari SMPN 5 Lhoksukon (Juara III).

Sementara untuk Kepsek TK berprestasi Juara I diraih oleh Israwati dari TK IT Nahwannur, Juara II Laila Fitriyanti, SPd.AUD dari TK Kartika XIV-18 Lhoksukon, dan Juara III Maulida Yani, SE, dari TK Pirak Cut Meutia.

Berikutnya, katagori Kepsek SD berprestasi, Juara I diraih oleh Nurul Husna, SPd (SDN 7 Lhoksukon), Juara II Syukri, MPd (SDN 9 Meurah Mulia), Juara III Marlina, SPd (SDN 11 Kuta Makmur). Untuk katagori Kepsek SMP berprestasi masing-masing Juara I Susanti, SPd.I (SMPN 3 Tanah Luas), Juara II T. Khairul Mahdi, SHI, MPd (SMPN 3 Syamtalira Aron, dan Juara III Aminuddin, MPd (SMPN 3 Sawang).

Selanjutnya untuk katagori Guru SD Berprestasi masing-masing diraih oleh Eka Febriani, SPd dari SDN 2 Syamtalira Bayu sebagai Juara I, Cut Putri Nurul Wahida dari SDN 5 Muara Batu sebagai Juara II, dan Nurul Hayati, SPd, dari SDN 1 Kuta Makmur sebagai Juara III.

Terakhir, untuk Guru SMP Berprestasi, Juara I diraih oleh Susi Afrianti, SPd (SMP Satap Negeri 8 Lhoksukon), Juara II Antin Hasmiwati, SPd (SMPN 1 Syamtalira Aron), dan Juara III Dian Ramadhani, SPd (SMPN 1 Langkahan).

Pada kesempatan itu juga diberikan penghargaan untuk katagori Sekolah Adiwiyata, yakni sekolah-sekolah yang dinilai telah berhasil melaksanakan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah (PBLHS). Sebanyak tiga sekolah di Aceh Utara menerima penghargaan katagori Sekolah Adiwiyata, yakni SMAN 1 Lhoksukon, SMAN 1 Dewantara dan SMAN 1 Muara Batu (nominasi sekolah adiwiyata nasional).

“Untuk sekolah-sekolah adiwiyata ini diberikan uang pembinaan, bibit tanaman produktif dan sarana pengelolaan sampah seperti tong sampah pilah dan kompos bag,” kata Teuku Cut Ibrahim, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Aceh Utara.[]

Komentar