Media Massa Punya Pengaruh Besar untuk Sukseskan Pemilu

Seputaraceh.id – Media massa memiliki pengaruh dan peran sangat penting untuk menyukseskan pemilu umum (pemilu). Hal itu disampaikan Ayi Jufridar selaku pemateri pada acara Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Utara dengan tema ‘cerdas memberitakan Pemilu 2024’, Kamis (17/11/2022).

“Media ini merupakan corong dari seluruh rangkaian kegiatan pemilu. Kalau bisa setiap kegiatan kita dapat terus diinformasikan secara luas kepada seluruh masyarakat, supaya beritanya terus terupdate,” kata Ayi Jufridar dalam paparannya.

Kegiatan sosialisasi ini dibuka Muhammad Usman selaku Ketua Devisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM pada KIP Aceh Utara. Sosialisasi ini khusus diadakan untuk 22 orang wartawan liputan kabupaten setempat.

Muhammad Usman atau yang biasa disapa Osama dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini sama halnya seperti ‘ngopi bareng’ di warung kopi, tetapi digelar secara resmi dikantor KIP supaya pemaparannya materinya lebih jelas.

“Rekan-rekan wartawan sebenarnya sudah sangat memahami bagaimana pengalaman-pengalaman pemilu sebelumnya. Namun di sini kita anggap saja sambil ngopi bersama, di sini kita juga dapat mengasah kembali ilmu kita tentang kepemiluan,” ujar Osama.

Osama dan Ayi Jufridar menyampaikan banyak hal tentang kepemiluan pada acara tersebut. Kesimpulan, pihaknya berharap Pemilu kali ini dapat berjalan lancar dan media pun bersinergi memberitakan Pemilu, mulai dari tahapan-tahapan hingga lain-lain.[]

Komentar