Sukses Spektakuler! MotoGP Mandalika 2023 Menandai Kejayaan Olahraga Balap Indonesia

Mandalika – Indonesia merayakan keberhasilan gemilang sebagai tuan rumah MotoGP Mandalika 2023 yang mendunia. Event yang digelar di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika pada tanggal 15 Oktober 2023 ini, menjadi tonggak sejarah bagi olahraga balap di Indonesia.

Keberhasilan ini menjadi sorotan utama Direktur Utama Mandalika SAG Racing Team, Kemalsyah Nasution, yang menyatakan bahwa Indonesia harus memanfaatkan momen ini untuk mengangkat olahraga balap motor di negeri ini ke pentas dunia. “Suksesnya Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP di Mandalika harus kita gunakan untuk mendukung perkembangan olahraga balap di Indonesia,” ujarnya, Minggu (15/10), di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB.

Hal ini sejalan dengan upaya Kemal yang sebelumnya telah berdiskusi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo, untuk mendukung perkembangan olahraga balap di Indonesia.

Kemal juga berharap agar Mandalika SAG Racing Team dapat bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga melalui Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK) untuk memajukan perkembangan balap motor di Indonesia. “Saya berharap ke depan bisa bekerja sama dengan Kemenpora untuk memajukan balap motor di Indonesia ke pentas dunia, salah satunya untuk mendukung regenerasi pembalap muda kita hingga bisa ada yang bermain di ajang MotoGP,” tambah Kemal.

Reaksi positif juga datang dari Pelaksana Tugas Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK), Ferdinand Kamariki Tangkudung, yang menyambut baik rencana pendirian Mandalika Racing Academy. Ferdinand menyebut rencana ini sebagai peluang emas untuk mendukung perkembangan balap motor di Indonesia. “Kita sudah memiliki sirkuit Mandalika yang luar biasa, dan saya sangat mendukung Kemenpora melalui LPDUK berkolaborasi dengan Mandalika SAG Racing Team untuk memajukan dunia balap motor di Indonesia dengan bisa melahirkan pembalap muda menuju pentas dunia,” ujar Ferdinand.

Namun, di balik seluruh upaya untuk mendukung olahraga balap motor di Indonesia, tidak boleh dilupakan hasil lomba yang menjadi sorotan utama: Rider Ducati, Francesco Bagnaia, menjadi pemenang MotoGP Mandalika 2023.

Di Sirkuit Mandalika, Bagnaia berhasil merebut kemenangan keenam di MotoGP 2023 dengan penampilan memukau. Keberhasilan ini membawanya kembali ke posisi teratas klasemen MotoGP 2023, mengumpulkan 346 poin, sementara Jorge Martin tetap di posisi kedua dengan 321 poin, meskipun gagal finis.[]

Komentar