Menpora RI dan Angela Tanoesoedibjo Luncurkan Jersey Megamendung untuk Asian Para Games 2022

SOLO – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, bersama dengan Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa dan Chef de Mission (CdM) Asian Para Games 2022 Angela Tanoesoedibjo, berkumpul di Balai Kota Surakarta untuk merayakan peluncuran jersey istimewa yang akan dikenakan oleh kontingen Indonesia pada ajang Asian Para Games di Hangzhou, Tiongkok, pada 22 hingga 28 Oktober 2023. Jum’at malam, 13 Oktober 2023.

Dalam momen tersebut, Menpora Dito dan Angela Tanoesoedibjo bersama-sama menandai peluncuran jersey para atlet Indonesia yang akan mewakili negara ini di Asian Para Games. Para atlet tampil memukau dengan jersey yang dirancang oleh desainer berbakat asal Solo, Rory Wardhana. Jersey ini memiliki motif batik megamendung yang begitu kental dengan budaya Indonesia, yang diserahkan secara simbolis oleh Wakil Sekjen National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Rima Ferdianto.

Menpora Dito Ariotedjo mengungkapkan apresiasi besar terhadap inisiatif tersebut. Ia menyoroti pentingnya semangat dan dukungan yang diberikan kepada para atlet, dan menyatakan bahwa ini adalah momen pertama di mana kontingen Para Games dilengkapi dengan jersey peluncuran yang istimewa. Menurutnya, desain jersey ini tak hanya keren dan segar, tetapi juga menggabungkan sentuhan dinamis dengan ciri khas Indonesia yang tak tergantikan, yaitu motif batik.

“Dengan jersey yang luar biasa ini, semoga semangat tumbuh dalam hati para atlet yang akan berkompetisi di Asian Para Games Hangzhou 2022,” ujar Menpora Dito dengan semangat.

CdM Asian Para Games, Angela Tanoesoedibjo, menjelaskan bahwa motif Batik Megamendung yang digunakan dalam jersey ini memiliki filosofi yang kuat, yaitu sebagai penyangga yang kokoh, serupa dengan dukungan yang diberikan kepada para atlet. Angela berharap jersey ini akan menjadi semacam doa bagi para atlet yang akan berlaga di Hangzhou.

Peluncuran jersey tersebut juga menjadi momen sempurna untuk memperkenalkan hashtag #parajuara, yang akan menjadi tanda dukungan bagi para atlet Asian Para Games. Angela mengungkapkan bahwa momen ini dipilih dengan sengaja, seiring dengan berakhirnya masa persiapan dan latihan yang sangat intens. Ia mengajak semua pihak, termasuk media massa, untuk menggunakan tagar #parajuara dalam liputan mereka, sebagai bentuk dukungan kepada para atlet yang sudah memiliki mental juara yang luar biasa.

Dengan 130 atlet yang akan berpartisipasi dalam 12 cabang olahraga, kontingen Indonesia menargetkan raihan 19 emas, 23 perak, dan 25 perunggu, dengan harapan menduduki peringkat sepuluh besar. Cabang olahraga unggulan seperti catur, renang, dan badminton akan menjadi andalan dalam mencapai target tersebut.[]

Komentar