Hutan Pinus di Pinggir Danau Laut Tawar Terbakar

ACEH TENGAH – Hutan pinus di bagian selatan pegunungan tepatnya di Desa Hakim Bale Bujang, Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah, kembali terbakar, pada Selasa, 13 Juni 2023.

Kepala Desa Hakim Bale Bujang, Misriadi mengatakan, kebakaran di pinggir kawasan Danau Laut Tawar tersebut terjadi sejak Senin, 12 Juni 2023.

“Kemarin malam sempat padam, tetapi sekarang terbakar lagi, sampai saat ini hutan yang sudah terbakar sekitar lima hektare,” kata Misriadi pada 13 Juni 2023.

Dia menduga, kebakaran akan terus bertambah dikarenakan lokasi terjadi di bagian lereng sehingga sulit untuk dijangkau. Selain itu, kawasan itu juga banyak rumput mengering akibat kemarau.

Meski demikian, tim gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Tengah beserta TNI dan Polri telah berjaga-jaga guna mencegah api menjalar ke pemukiman warga.

“Lokasi ini sangat dekat dengan pemukiman masyarakat dan lokasi wisata Bur Gayo, jadi yang bisa dilakukan adalah menjaga agar api tak sampai ke pemukiman dan lokasi wisata itu,” ujar Misriadi.

Selain petugas, mobil pemadam kebakaran juga disiagakan di lokasi kebakaran.

AJNN

Komentar