Kopiah Gelar Kontes Ayam Hias Ekor Lidi di Blang Padang

BANDA ACEH – Komunitas pecinta ayam hias (Kopiah) Aceh menggelar kontes ayam hias ekor lidi, di Blang Padang, Kota Banda Aceh, pada Minggu, 4 Juni 2023. Kontes ini bahkan sebagai edukasi kepada masyarakat untuk mengurangi aktivitas sabung ayam.

Ketua pelaksana kegiatan, Mukhlis mengatakan tujuan kegiatan ini yakni untuk mengedukasi masyarakat agar dapat mengubah paradigma terhadap ayam jago yang kerap dijadikan sebagai ayam aduan. 

“Kegiatan ini sebagai ajang silaturrahmi demi memotivasi para anggota. Juga untuk mengingatkan masyarakat bahwa ayam jago tidak untuk diadu, namun bisa dijadikan sebagai ayam hias,” kata Mukhlis

Menurutnya kegiatan ini penting dilakukan untuk menghidupkan hobi masyarakat memelihara ayam hias, dan dapat segera beralih dari kegiatan sabung ayam. 

Kegiatan yang dibuat khusus untuk anggota komunitas ini diikuti oleh 20 peserta dari seluruh Aceh yang bergabung dalam Kopiah. 

“Saat ini kita memiliki sekitar 60 anggota. Adapun penilaian utama itu dari bentuk ekor, semakin panjang dan lurus ekor maka nilainya juga semakin tinggi,” kata Mukhlis

Selain itu, menurut Mukhlis memelihara ayam hias turut membantu meningkatkan perekonomian masyarakat. Sebab per ekor ayam hias ini bisa terjual mulai dari Rp3 juta hingga Rp15 juta rupiah.

“Setelah adanya kontes biasanya peminat menjadi lebih ramai dan mempermudah penjualan, sehingga para anggota juga akan mulai mengembangbiakkan anak ayam untuk dijual,” pungkasnya.

AJNN

Komentar