Program Satu Jam Bersih Pantai Aceh Besar Berlanjut di Ujong Batee

KOTA JANTHO – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, SSTP MM yang diwakili Asisten Administrasi Umum Sekdakab Aceh Besar Jamaluddin SSos MM memimpin kegiatan Satu Jam Memungut Sampah di kawasan obyek wisata Ujong Batee, Kecamatan Mesjid Raya, Minggu (14/5/2023).

Hadir dalam kegiatan Asisten II Sekdakab Aceh Besar M Ali SSos MSi, Kepala OPD, Kabag, Muspika, TNI, Polri, personil Lanal, sejumlah camat, ASN, dan tenaga kontrak jajaran Pemkab Aceh Besar.

Dalam kesempatan itu, Jamaluddin SSos MM mengatakan, kegiatan bersih dan memungut sampah di lokasi wisata itu bertujuan menciptakan keindahan dan kebersihan di lokasi wisata yang ada di Kabupaten Aceh Besar.

“Kita terus mengajak pengelola tempat wisata dan pengunjung untuk selalu menjaga kebersihan sehingga pesona wisata selalu bersih, indah, dan nyaman,” ujarnya.

Dikatakannya, kegiatan yang digagas Pj Bupati Muhammad Iswanto SSTP MM itu sudah berlangsung sekitar 7 bulan dan setiap akhir pekan berlangsung pada obyek wisata yang berbeda-beda, baik yang ada di Kota Jantho hingga ke Kecamatan Pulo Aceh. “Alhamdulillah kegiatan ini disambut baik oleh berbagai pihak. Karena kita semua mendambakan pesona yang bersih, indah, dan nyaman,” tambahnya.

Koordinator Aksi 1 Jam Bersih Pantai Abdullah S.Sos sedang mengarahkan para peserta aksi di pantai Ujong Batee, Kecamatan Mesjid Raya, Minggu (14/5/2023).

Jamaluddin menyampaikan adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkembangkan kesadaran pada pengelola objek wisata dan pada masyarakat yang berkunjung akan pentingnya kebersihan dan memelihara lingkungan agar sampah-sampah dibuang pada tempatnya yang telah disediakan.

“Tujuannya aksi 1 jam bersih pantai untuk menumbuhkembangkan kesadaran pengelola objek wisata dan masyarakat akan pentingnya kebersihan dan memelihara lingkungan serta membuang sampah pada tempat yang telah disediakan,” pintanya.

Sementara Kadisparpora Aceh Besar Abdullah SSos menambahkan, pada 24 Mei 2023 mendatang, Aceh Besar menjadi tuan rumah pelaksanaan Gelar Teknologi Tepat Guna ke-24 tingkat Provinsi Aceh. Acara itu dipusatkan di kompleks JSC Kota Jantho dan pekan depan direncanakan kegiatan bersih bersih atau satu jam memungut diadakan di kompleks JSC Kota Jantho. “Mari kita semua sukseskan kegiatan ini,” ajak Abdullah.

Ia mengatakan untuk saat ini kondisi di pantai ujong batee, Alhamdulillah sudah lumayan bersih, tapi sebelum kita melakukan aksi 1 jam bersih sampah ini, terlihat juga banyak sampah yang belum tertib, tapi kita selalu menghimbau kepada pengelola wisata disini bahwasanya bersih itu bahagian dari pada sapta pesona lokasi wisata.

“Alhamdulillah sudah lumayan bersih, walaupun ada tumpukan sampah yang belum tertib karena tidak disediakan tong sampah, kami akan selalu menghimbau kepada pengelola agar menyediakan tempat sampah atau tong sampah, supaya para pengunjung bisa membuang sampah pada tempatnya dan lokasi wisata pun terlihat nyaman dan bersih saat dikunjungi,” tuturnya.
Pengelola wisata Azhar mengatakan, dengan adanya kegiatan tersebut pantai yang ada di Aceh Besar selalu terlihat bersih dan pengunjung pun menjadi lebih nyaman.

“Selama ini kami selalu menghimbau kepada pengunjung agar membuang sampah pada tempat yang telah disediakan, baik itu pengunjung camping maupun pengunjung yang sedang menikmati wisata bersama keluarga kami selalu memberi arahan kepada para pengunjung setelah mereka melakukan kegiatan tetap harus membersihkan kembali pondok yang mereka kunjungi dari sampah yang mereka bawa,” pungkasnya.

Asisten 3 Bidang Administrasi Umum Jamaluddin S.Sos, MM sedang memimpin apel pada kegiatan Aksi 1 Jam Bersih Pantai di pantai Ujong Batee, Kecamatan Mesjid Raya, Minggu (14/5/2023).

Komentar