Buka Bimbingan Manasik, Ini Pesan Pj Bupati Aceh Besar Kepada Jamaah Calon Haji

KOTA JANTHO – Pejabat (Pj) Bupati Muhammad Iswanto SSTP, MM diwakili oleh Kepala Dinas Syariat Islam (DSI) Kabupaten Aceh Besar, Rusdi, S.Sos, M.Si menghadiri pembukaan bimbingan manasik haji tingkat Kabupaten Aceh Besar tahun 2023 yang diselenggarakan di Masjid Al-Faizin Kecamatan Darul Imarah, Lampeuneurut, Aceh Besar, Rabu (10/05/2023).

Pada kesempatan tersebut, Kepala DSI Aceh Besar mengucapkan, selamat kepada calon jamaah haji yang mendapat kesempatan memenuhi panggilan dari Allah SWT untuk menunaikan rukun Islam yang kelima.

“Para calon jamaah haji di minta untuk mempersiapkan diri dengan baik,” ucapnya

Selain itu, ia berpesan kepada jamaah calon haji untuk selalu meluruskan niat dalam berhaji, yaitu karena Allah SWT, bukan karena niat-niat lain yang bersifat keduniawian.

“Jadi, jangan sampai ke tanah suci bukan lagi niat untuk beribadah. Tapi, malahan sudah sibuk dengan berselfi,” tegasnya

Karena, beberapa waktu lalu ulama besar dari Arab Saudi Syekh Prof. Dr. Sulaiman Ar-Ruhaili menyindir dan memperingatkan kebisaan buruk yang dilakukan oleh jamaah haji, termasuk jamaah haji yang berasal dari Indonesia sibuk dengan berselfi.

“Maka, saya minta kepada Jamaah Calon Haji dari Aceh Besar harus betul-betul beribadah sampai kesana dan hilang urusan duniawi untuk sementara waktu,” ungkapnya

Sementara itu, Kakankemenag Aceh Besar H Salman Arifin SPd MAg, meminta kepada calon jamaah untuk mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya, terus belajar dan memperdalam ilmu manasik sehingga menggapai ibadah haji yang sempurna.

“Jamaah diminta untuk saling membantu termasuk, mengajarkan materi manasik untuk jamaah lainnya. Bersihkan hati dan jiwa, ikhlas dalam beribadah untuk menggapai keridhaan Allah SWT,” pintanya

Lanjut Salman, jumlah Jamaah Calon Haji Kabupaten Aceh Besar tahun 2023 sebanyak 438 Jamaah dan pelaksanaan kegiatan manasik haji di mulai sejak tanggal 10 sampai dengan 19 Mei 2023.

“Pelaksanaan manasik haji dibagi tiga rayon, yaitu rayon pertama di Mesjid Al-Faizin Kecamatan Darul Imarah, rayon dua di Mesjid Babussalam Lamteungoh Kecamatan Ingin dan rayon tiga di Mesjid Baitul Makmur Sibreh,” jelasnya

Ia menambahkan, sedangkan pemberangkatan jamaah haji tahun 2023 sesuai dengan jadwal. “Untuk gelombang pertama mulai masuk asrama haji tanggal 23 mei dan berangkat tanggal 24 mei 2023,” pungkasnya.

Turut hadir Kakankemenag Aceh Besar H Salman Arifin SPd MAg dan jajarannya, Pejabat dijajaran Pemkab Aceh Besar, Forkopimcam Darul Imarah, pengurus IPHI Aceh Besar dan alim ulama serta tokoh-tokoh masyarakat (**)


Sebanyak 438 Jumlah Jamaah Calon Haji dari Kabupaten Aceh Besar sedang mengikuti bimbingan pada kegiatan Manasik haji yang berlangsung di Masjid Al-Faizin Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar, Rabu (10/05/2023).

Komentar