4.373 Jemaah Haji Aceh Diberangkatkan Dua Pekan Depan

BANDA ACEH – Sebanyak 4.373 jemaah calon haji (JCH) asal Aceh diberangkatkan pada 24 Mei 2023. 

Untuk Kloter pertama (BTJ 01), dijadwalkan masuk Asrama Haji Embarkasi Aceh pada Selasa, 23 Mei dan bertolak ke Arab Saudi esok harinya, Rabu, 24 Mei 2023.

“Tahun ini kita memiliki 4.373 kuota jemaah haji, Insya Allah seluruhnya termasuk dalam pemberangkatan gelombang pertama,” kata Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh, Ahmad Yani, Kamis, 11 Mei 2023.

Sambung Ahmad Yani, Kloter pertama berasal dari Kota Banda Aceh, Kabupaten Aceh Besar dan Pidie Jaya, total ada 393 jamaah termasuk lima petugas.

“Mereka Insya Allah akan berangkat ke tanah suci melalui Bandar Udara (Bandara) Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) menuju Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah,” ujar Ahmad Yani.

Ahmad Yani menambahkan, pihaknya telah merampungkan berbagai persiapan mengingat waktu keberangkatan sudah semakin dekat. Persiapan dilakukan baik dokumen, pemvisaan maupun asrama haji dan pembentukan panitia penyelenggara ibadah haji embarkasi Aceh. 

“Berbagai persiapan dilakukan untuk menyambut tamu Allah sebelum terbang ke Arab Saudi. Alhamdulillah di Asrama Haji telah siap menyambut JCH Aceh,” ujarnya.

Ahmad Yani menyebutkan, khusus bagi jemaah haji lanjut usia (lansia) PPIH telah menyiapkan skema khusus pelayanan JCH.

“Kami telah siapkan langkah mitigasi layanan jemaah lansia. Yakni tahun ini yaitu haji ramah lansia dan juga seperti arahan bapak menteri untuk memberikan pelayanan terbaik kepada  seluruh jemaag.  Kami berusaha semaksimal mungkin untuk JCH yang lansia, apalagi merupakan prioritas Kemenag tahun ini,” kata yani.

Yani menyampaikan, khusus dalam pelayanan jemaah lansia pihaknya sudah menyediakan mobil golf untuk menjemput dan mengantar selama berada di asrama embarkasi Aceh.  Kemudian juga menyiapkan kursi roda dan petugas tambahan yang akan melayani mereka.

“Kita bertekad memberikan khidmah Mumayyizah, pelayanan istimewa bagi Jemaah lansia, nantinya mereka tidak lagi harus berjalan kaki saat masuk atau keluar kamar, karena diantar langsung oleh petugas dengan mobil golf dan kursi roda. Untuk  penginapan  juga disusun di kamar lantai satu di setiap gedung penginapan agar lebih memudahkan,” jelas Yani.

Selain itu, Ahmad Yani juga meminta CJH Aceh untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin, baik kesehatan maupun manasik haji. 

“Saat ini sudah mulai manasik haji tingkat kabupaten, kami berharap CJH dapat memanfaatkan sebaik mungkin, Kemenag juga telah menyiapkan materi khusus  berupa buku panduan manasik bagi jemaah lansia. PPIH embarkasi Aceh Insya Allah siap mewujudkan layanan haji ramah lansia,” tambah Yani. 

AJNN

Komentar