Sebuah rumah di Abdya terbakar, begini penjelasannya

Blangpidie – Sebuah rumah panggung di Gampong Geulumpang Payong, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) hangus terbakar Jum’at pagi sekitar pukul 8.10 WIB.

Informasi yang dihimpun wartawan di Blangpidie menyatakan rumah panggung kayu yang dilalap sijago merah tersebut baru sepekan kosong alias tidak lagi dihuni karena pemilik rumah bernama Muhammad Saleh meninggal dunia.

Menurut keterangan warga setempat semasa hidupnya almarhum Shaleh hanya tinggal sebatang kara di rumah tersebut lantaran belum memiliki istri dan anak. 

Selain itu, rumah panggung tersebut juga tidak ada arus aliran listrik sehingga kebakaran itu menyisakan tanda tanya di kalangan masyarakat Gampong itu. 

“Aneh saja, karena aliran listrik tidak ada, kemudian orang pun jarang kesitu sehingga kita merasa janggal kalau rumah itu terbakar sendiri,” ungkap salah seorang warga setempat Ilyas.

Terpisah Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya, Armayadi melalui Kabid Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Penanggulangan Kebakaran, Nanda Hikmah Fajri mengatakan awalnya petugas BPBK menerima informasi adanya kebakaran dari masyarakat.

“Setelah menerima informasi adanya peristiwa kebakaran rumah tersebut, tim kita langsung bergerak ke lokasi untuk memadamkan api,” katanya.

Nenurut Nanda, dalam aksi pemadam kebakaran itu pihaknya mengerahkan dua unit damkar dan api berhasil dipadamkan pada pukul 09.00 WIB setelah dilakukan berbagai upaya oleh tim dan warga. 

“Kalau penyebab kebakaran masih dalam proses penyelidikan pihak kepolisian, dan dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa karena rumah ini tidak ada lagi penghuninya karena pemilik satu minggu lalu meninggal dunia,” jelasnya.

(ANTARA)

Komentar