Tabung Gas Bocor, 1 Rumah Panggung di Aceh Ludes Terbakar

BANDA ACEH, – Satu rumah panggung di Jalan Lintas Provinsi Medan-Banda Aceh kawasan Desa Seumantoh, Kecamatan Karang Baru, Aceh Tamiang, terbakar. Diduga kebakaran terjadi akibat kebocoran tabung elpiji tiga kilogram.

Camat Karang Baru, Fakhrurrazi Syamsuyar mengatakan peristiwa kebakaran itu terjadi pada Senin (27/3/2023) sekitar pukul 15.30 WIB.
 
“Rumah yang terbakar milik Sapiah (64). Sumber api berasal dari kebocoran selang tabung gas (elpiji) 3 kg rumah tangga,” katanya.
 
Dijelaskan, kebakaran bermula dari gas kompor saat pemilik rumah sedang memasak makanan buka puasa di dapur. Akibat insiden tersebut rumah beserta isinya hangus terbakar.

“Kerugian kebakaran diperkirakan mencapai Rp100 juta,” ungkapnya.
 
Anak korban Syafrizal (36) mengatakan, kebakaran terjadi saat ibunya tengah memasak sayur untuk berbuka puasa di dapur. Tiba-tiba ada percikan api dari tabung gas elpiji hingga membuat panik.

Kemudian korban berteriak minta tolong tetangga. Api coba dipadamkan menggunakan kain basah, namun makin membesar.

“Saat kejadian saya sedang berada di kantor datok. Ada warga datang kasih kabar rumah saya kebakaran lalu saya langsung pulang. Sampai rumah api sudah membesar,” katanya.
 
Sementara itu, Kapolsek Karang Baru Iptu Surya Darma Sofyan mengatakan, kebakaran itu mengakibatkan sekitar 70 persen bangunan rumah panggung hangus terbakar.

Sedikitnya empat mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi terdiri dari dua tangki dan dua truk pemadam kebakaran.  

“Api dipadamkan oleh petugas Damkar BPBD Aceh Tamiang dibantu personel Polsek Karang Baru dan masyarakat sekitar,” katanya.

iNews.id

Komentar