Venue Paralayang PON 2024, Lintas Sektoral Bersihkan Bukit Merah Putih

SEPUTARACEH.ID | BENER MERIAH – Bukit Merah Putih atau disebut dengan Bur Temun yang berada di kawasan Kampung Bale Redelong, Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah, merupakan salah satu objek wisata serta lokasi venue Cabor Paralayang pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 mendatang.

Disebut dengan Bukit Merah Putih lantaran di lokasi itu, terdapat bendera merah putih berukuran besar yang terbuat dari beton. Bukit Bur Temun, berada di ketinggian 1.500 Meter Dari Permukaan Laut (MDPL) sehingga dari lokasi itu, bisa melihat hamparan Ibukota Kabupaten Bener Meriah.

Guna merawat serta menata kembali lokasi yang akan dijadikan venue Cabor Paralayang di PON 2024 mendatang, lintas sektoral di Kabupaten Bener Meriah yang terdiri dari TNI/Polri, Satpol PP, serta sejumlah organisasi masyarakat, Jumat (17/3/2023) bergotong royong membersihkan area puncak Bukit Merah Puth.

Kasatpo PP dan WH, Kabupaten Bener Meriah, Irmansyah, SSTP. M.SP, mengatakan, selain akan menjadi venue PON 2024 nanti, Bukit Merah Putih menjadi salah satu objek wisata, karena dari lokasi itu, terlihat bentangan Kota Redelong hingga Bandara Rembele.

“Untuk menuju puncak Bukit Merah Putih, para pengunjung atau wisatawann akan disuguhkan dengan pemandangan menarik di sepanjang perjalanan, seperti hamparan kebun kopi serta beberapa area tanaman holtikultura,” kata Irmansyah.

Komandan Kodim 0119/Bener Meriah, Letkol Inf Eko Wahyu Sugiarto M.Han mengatakan seluruh fasilitas penunjang pegelaran untuk Cabor Paralayang di Kabupaten Bener Meriah direncanakan sudah rampung dikerjakan.

“Bukit Merah Putih ini, diprakarsai langsung oleh Pangdam IM Mayjen TNI Moch Hasan yang ketika itu di tahun 2010 masih menjabat sebagai Danyon 114/Satria Musara. Sedangkan gotong royong ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme kita,” sebut Eko Wahyu Sugiarto. (R)

Komentar