Delapan Tahun Terbengkalai, Pasar Rakyat Lamno Akhirnya Difungsikan

ACEH JAYA – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Jaya, Nurdin launching Pasar Rakyat Lamno Glee Mah dan Lamne Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya, Jumat, 17 Maret 2023.

Diketahui, Pasar Rakyat Lamno di Glee Mah dengan luas 1.046 meter persegi, dibangun pada 2015 bersumber Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) senilai Rp5 miliar. Akan tetapi, belum pernah difungsikan dan terbengkalai waktu itu.

Sedangkan Pasar Rakyat di Desa Lamme memiliki luas 520 meter persegi, dibangun pada 2022 bersumber dari APBN, juga belum pernah difungsikan.

Pj Bupati Aceh Jaya, Nurdin mengatakan, Pasar Rakyat Lamno Glee Mah dan Lamme sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Pihaknya akan menggratiskan biaya sewa selama satu tahun untuk para pedagang yang ingin berjualan di sana.

“Dengan di launchingnya Pasar Rakyat ini para pedagang bisa berjualan lebih nyaman, kemudian masyarakat juga mendapatkan barang-barang dibutuhkan di tempat yang nyaman,” kata Nurdin.

Sambung Nurdin, dengan demikian perekonomian masyarakat akan bergerak dan dapat berkontribusi pada upaya peningkatan ekonomi di Aceh Jaya, sekaligus dalam pengendalian inflasi daerah tersebut.

“Pasar memiliki peran strategis dalam mendukung perekonomian masyarakat, revitalisasi dan pembangunan Pasar Rakyat merupakan bentuk perhatian kepada para pedagang, agar pemulihan dan peningkatan ekonomi dapat berjalan lebih cepat,” ujarnya.

Menurut Nurdin, dari sisi hulunya harus ada perbaikan produksi dengan berbagai upaya agar produksi barang-barang masyarakat itu bisa lebih meningkat, baik dari sisi jumlah dan memperbaiki kualitas yang dihasilkan, lewat pemanfaatan teknologi sesuai dengan produk tersebut.

Selain itu, pihaknya juga mendorong supaya permodalan bagi masyarakat terus meningkat dengan memaksimalkan Kredit Usaha Rakyat (KUR), yang dialokasikan oleh Presiden Joko Widodo untuk Aceh serta memaksimalkan pembiayaan ultra mikro dialokasikan untuk Kabupaten Aceh Jaya.

Disisi lain, tambah Nurdin, saat ini ada 18 pasar yang belum berfungsi secara maksimal di Aceh Jaya. Dirinya akan melihat kasus per kasus mana yang paling mungkin untuk fungsikan dan dimaksimalkan.

“Hal itu tidak terlepas dari pasar, yang menjadi salah satu lokasi terfavorit tempat bertemunya berbagai interaksi masyarakat. Maka dengan ini perlunya Pasar Rakyat, untuk difungsikan agar menciptakan geliat perekonomian masyarakat Aceh Jaya,” pungkasnya.

AJNN

Komentar