Kemenag Tetapkan Enam Titik Lokasi Pemantauan Hilal Ramadan di Aceh

BANDA ACEH – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Aceh menyiapkan enam lokasi untuk menentukan hilal 1 Ramadan 1444 Hijriah (H) atau 2023 Masehi (M). Keenam lokasi tersebut tersebar di sejumlah daerah Tanah Rencong.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Aceh, Ahmad Yani, menyebutkan pelaksanaan pemantauan yang bakal dilakukan 22 Maret 2023 ini masih sama seperti tahun sebelumnya. 

“Sama-sama seperti setiap tahun, masih estimasi jadwalnya tetap dibuat sebelum Ramadhan,” kata Ahmad saat dihubungi wartawan di Banda Aceh, 15 Maret 2023.

Ahmad menjelaskan, bahwa pelaksanaan ini juga akan dibuka untuk umum. Oleh karena itu, masyarakat bisa lansung ke lokasi untuk menyaksikan lansung.

Kemudian, kata dia, Kementerian Agama (Kemenag) juga akan menggelar Sidang Isbat (penetapan) Awal Ramadan 1444 Hijriah pada Rabu, 22 Maret 2023. Sehingga, keputusan akhir ini juga akan dilaksanakan sesuai sidang isbat di pusat.

“InsyaAllah akan memantau dan persiapan alat teleskop, dan terbuka juga untuk umum. Sementara yang lain, Kemenag Aceh juga telah mengeluarkan Imsakiyah Ramadhan,” tutup dia.

Adapun enam titik lokasi tersebut ialah:
1. Observatorium Tgk Chik Kuta Karang Lhoknga,
2. Tugu 0 Km Kota Sabang;
3. Bukit Blang Tiron Lhokseumawe;
4. Pantai Lhok Geulumpang Setia Bakti Aceh Jaya;
5. POB Suak Geudeubang Aceh Barat;
6. Pantai Nancala Teupah Barat Simeulue.

AJNN

Komentar