Bupati Agara Buka perhelatan Festival Kreativitas Santri ke 3

Kutacane | Seputaraceh.id Upaya meningkatkan kreativitas, dan daya inovasi para santri, baik dalam mengembangkan minat,bakat dan keterampilan Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara Melalui UPTD Khusus Dayah Kabupaten Aceh Tenggara mengadakan Festival Kreativitas Santri yang berlangsung mulai 20 s.d 24 Desember 2021, bertempat di pelantaran halaman Pondok Pesantren/Dayah Raudahusshailin Desa Darussalam Kecamatan Bukit Tusam Kabupaten Aceh Tenggara pada senin, (20/12).

Hadir pada kesempatan tersebut Bupati Aceh Tenggara Drs. H. Raidin Pinim M.AP yang sekaligus membuka Festival Kreativitas Santri ke 3, Tahun 2021.

H.Raidin Pinim dalam sambutanya mengatakan “Festival Kreativitas Santri ini sangat lah penting untuk memacu,menguji kemampuan dan keilmuan para santri sebagai ajang uji minat dan bakat santri, karna itu perlu peningkatan Program,mutu dan kwalitas pendidikan dayah Aceh Tenggara,dalam Upaya membumikan Syari’ah Islam dibumi sepakat segenap yang kita cintai ini,”Kata Bupati dalam sambutanya.

Bupati melanjutkan “Pada kesempatan ini kami ingatkan kepada anak-anak kami agar bersungguh-sungguhlah untuk mencari bekal sebagai penyambung perjuangan kami untuk masa depan agama dan negara,ikutilah berbagai cabang yang diperlombakan, untuk menggali potensi para santri, baik di bidang Hafalan,Qiratul Kutub,atraksi beladiri,cabang fardhu kifayah serta mengenal kebudayaan dan kemajuan pradapan islam melalui karya seni kaligrafi “papar bupati.

“Putra-putri kita ini sebagai investasi emas di masa yang akan datang yang mana harus kita tingkat kan kemampuan mereka baik dari segi kualitas maupun kwantitas,”ujar Raidin.

Sementara H.Raidin Pinim saat diwawancarai memberikan tanggapan atas terselenggara nya acara FKS III, Ia memaparkan “Saya baru kali ini membuka Acara Festival Kreativitas Santri ini ,untuk itu saya akan memotivasi santri-santri ini dengan memberikan uang sebesar seratus juta rupiah,dan ini silakan dibagi-bagi kepada juara-juara satu semuanya di dua belas cabang yang di perlombakan”tungkasnya

“Harapannya dewan hakim dapat bekerja dengan baik karna mereka terpilih sudah teruji, sangat jujur dan terpercaya,dan untuk santri mudah mudah mereka bisa berlomba dan berjuang supaya bisa mengharumkan nama baik dayah nya,”kata Raidin.

Ditempat yang sama Kepala UPDT Dayah Kabupaten Aceh Tenggara Samri, S.Ag saat diwawancara mengatakan, “Dengan Festival Kreativitas Santri III masyarakat Aceh Tenggara bisa memotivasi anak-anaknya untuk memasukan anak ke dayah-dayah di Aceh Tenggara, dan kami sangat mengapreasi Bupati Aceh Tenggara yang akan mengumrohkan Pimpinan dayah yang mendapatkan juara umum pada Festival ini dan bukan itu saja Pak Bupati Aceh Tenggara juga memberikan uang pribadinya sebanyak seratus juga untuk para juara-juara,semua ini adalah motivasi yang luar biasa bagi kami,”Paparnya.

Setelah membuka FKS III Bupati Aceh Tenggara Raidin Pinim didampingi Pimpinan Dayah Raudahusshailin Tgk Saidul Akram mengunjungi stand-stand yang telah di sediakan oleh team kreatif santri Dayah Raudahusshailin.

Bupati terlihat membeli barang barang hasil kreativitas santri ,
sambil bercerita bagaimana proses pembuatan nya, tak kalah penting Tgk Saidul Akram menunjukan kepada Bupati Alat penghemat listrik karya para santri Raudahusshailin yang sudah dipatenkan.

Turut Hadir dalam acara pembukaan FKS III tersebut, Kepala Baitul Mal Agara sekaligus pimpinan Dayah Raudahusshailin Tgk Saidul Akram Al-Hafidz, Kakan kemenag, Saifullah, Kepala Dinas Syariat Islam M.Iqbal Selian,Kadis Kominfo Zul Fahmy, Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja,Rahmad Fadli, Kepala BPBD Aceh Tenggara Nazmi Desky, Kadis Pendidikan dan kebudayaan Bakri Sahputra, Camat Bukit Tusam Ali Azmi, Para pengulu Se-kecamatan Bukit Tusam dan pimpinan dayah se-Aceh Tenggara serta tamu undangan lainnya. (Saipullah,S)

Komentar