Aplikasi SiPeOnPe, Cara Mudah Ajukan Akad Nikah di Masjid Raya Baiturrahman

Banda Aceh – Masjid Raya Baiturrahman kini menghadirkan kemudahan bagi pasangan calon pengantin yang ingin mendaftarkan proses akad nikahnya di Masjid kebanggaan masyarakat Aceh itu.

“Kemudahan tersebut kita hadirkan melalui aplikasi SiPeOnPe, dimana calon pengantin tidak lagi mendaftarkan pernikahannya secara manual,” ujar Kepala UPTD Masjid Raya Baiturrahman, Saifan Nur, Selasa, 7 Mei 2024.

Aplikasi SiPeOnPe resmi diterapkan mulai Januari 2024 lalu. Pada aplikasi tersebut juga terdapat kalender, nasihat hingga cara pernikahan.

“Sejak mulai diterapkan, hingga saat ini sudah 250 akun pasangan yang mendaftarkan akad nikahnya di Masjid Raya Baiturrahman melalui SiPeOnPe,” kata Saifan.

Pada penggunaannya, calon pengantin bisa mendaftar dan melihat jadwal pernikahan via online. Caranya dengan login ke Aplikasi kemudian mengisi formulir pendaftaran.

“Setelah login dan mengisi form, kemudian calon pengantin mendapatkan print out, yang mana tertera tertera rekening pembayaran untuk dibawa ke Kantor Urusan Agama (KUA),” tambah Saifan.

Lebih lanjut kata Saifah, setelah berkas diproses di KUA, nantinya calon pengantin akan mendapatkan stempel. Selanjutnya berkas tersebut di bawa ke Masjid Raya Baiturrahman sebagai bukti sudah mendaftar.

“Untuk konsultasi secara offline, pasangan calon pengantin juga bisa datang langsung ke Masjid Raya Baiturrahman setiap hari pukul 09.00 s.d 16.45 WIB” imbuh Saifan.[]

Komentar