Kakanwil Kemenkumham Resmikan Dapur Sehat di Lapas Perempuan Sigli

SIGLI — Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (KemenkumhamAceh Meurah Budiman meresmikan dapur sehat di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas IIB Sigli, PidieRabu (17/1/2024).

“Dapur sehat Lapas Perempuan Kelas IIB Sigli ini merupakan dapur yang telah memenuhi standar kesehatan dan kebersihan sehingga menjadi dapur percontohan bagi seluruh Lapas atau Rutan yang ada di Aceh,” ujar Meurah Budiman.

Selain itu, pada kesempatan yang sama, Meurah Budiman juga menyaksikan penandatanganan kerja sama antara Lapas Perempuan Sigli dan instansi terkait dan UMKM di Kabupaten Pidie.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Pj Bupati Pidie Wahyudi Adisiswanto, Kapolres Pidie AKBP Imam Asfali, Kepala Lapas Perempuan Kelas IIB Sigli Endang Margiati, unsur Forkopimda serta sejumlah Kepala SKPK di lingkungan Pemkab Pidie.

Dapur sehat ini, menurut Meurah akan menjawab stigma negatif dari masyarakat bahwa dapur yang ada di dalam Lapas jauh dari kata bersih.

Bahkan ada yang beranggapan makanan yang diberikan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) jauh dari kata layak.

“Karena tidak ada perlakukan diskriminatif dan tak manusiawi, semua warga binaan tetap kita penuhi hak hidupnya sebagai manusia,” terangnya.

Tak hanya itu, ia juga menyampaikan di Lapas Perempuan Sigli warga binaan mendapatkan sejumlah kegiatan dan keterampilan sesuai dengan keahlian dimiliki.

“Sehingga diberikan kesempatan di Lapas ini untuk menciptakan keahlian bisa menjadi modal usaha jika telah keluar ke Masyarakat,” ujarnya.

Kakanwil Kemenkumham Aceh juga memberikan penghargaan kepada lembaga dan instansi terkait di Pidie. Di antaranya penghargaan kepada Ketua TP PKK Pidie Ny Suaidah Sulaiman, Ketua Bhayangkari Pidie Ny Imam Asfali. (IA)

Sumber : INFOACEH.NET

Komentar