Kemenpora RI Fasilitasi Suksesnya Lomba Senam SKJ Massal

JAKARTA – Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) bersama Dharma Wanita Persatuan (DWP) Pusat menyelenggarakan Lomba Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) Massal di halaman Graha Kemenpora, Jalan Gerbang Pemuda Nomor 3 Senayan, Jakarta. Acara ini diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT ke-24 DWP dan Hari Ibu ke-95. Lomba melibatkan 210 peserta dari DWP-DWP instansi pemerintah pusat (IPP) dan lembaga atau badan dengan penyelenggaraan baik secara luring maupun daring. Jum’at, 1 Desember 2023.

Ketua panitia acara, Niena Kirana Ario Bimo Nandito, yang juga Penasihat DWP Kemenpora, menyampaikan laporan bahwa lomba ini diadakan dengan tujuan mengajak ibu-ibu DWP untuk lebih peduli terhadap kesehatan melalui olahraga senam. Lomba tidak hanya menjadi kegiatan biasa, tetapi juga sebagai upaya nyata untuk membangun kebersamaan dalam keluarga besar Dharma Wanita Persatuan.

“Insyaallah dengan adanya lomba seperti ini kita bisa membangun kebersamaan keluarga besar Dharma Wanita Persatuan,” ungkap Niena.

Lebih lanjut, peserta lomba terdiri dari tim yang masing-masing terdiri dari lima orang. Dewan juri menilai penampilan tim berdasarkan beberapa kriteria, seperti teknik gerak, kecepatan mengikuti instruktur, kekompakan, dan penampilan secara keseluruhan. Ada juga dua kategori pemenang, yaitu tiga tim dengan aksesoris terbaik dan tiga tim terheboh, dinilai berdasarkan kehebohan dan semangat dalam mengikuti senam.

Niena mengungkapkan rasa terima kasih kepada seluruh panitia, dewan juri, tim peserta, dan semua pihak yang turut serta dalam acara ini. Pemenang tiga besar pada lomba ini adalah tim dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sebagai juara 1, tim Kemenpora sebagai juara 2, dan tim dari Kementerian Pertahanan (Kemhan) sebagai juara 3. Sementara itu, juara 1 tim terheboh diraih Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), dan juara 1 tim dengan aksesoris terheboh diraih tim Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves).

Ibu-ibu OASE KIM, penasihat-penasihat DWP IPP, para ketua dan pengurus DWP IPP, serta para ketua dan pengurus DWP provinsi dan kabupaten/kota turut hadir dalam lomba yang penuh semangat ini.

Dharma Wanita Persatuan (DWP) Pusat menyampaikan apresiasi kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) yang telah memfasilitasi digelarnya Lomba Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) Massal. Ketua Umum (Ketum) DWP Pusat, Franka Makarim, menyampaikan kebahagiannya karena ulang tahun DWP ke-24 tahun ini dirayakan dengan kegiatan yang positif dan sehat.

“Saya senang sekali karena kita bisa merayakan ulang tahun DWP ke-24 tahun ini dengan kegiatan yang positif dan sehat. Oleh karena itu pada kesempatan yang baik ini saya ingin mengapresiasi yang sebesar-besarnya kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga beserta DWP Kemenpora yang telah memfasilitasi kegiatan ini,” ujar Franka.

Franka meyakini para ibu peserta lomba ini pastinya sudah tidak asing dengan SKJ yang dikenal sejak zaman sekolah. Meski disebut sebagai olahraga zaman dahulu, SKJ memiliki manfaat besar terutama dalam menjaga kesehatan.

“Sehat secara bergerak, akan menjadi sangat baik karena tidak hanya membakar kalori, tetapi juga meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu dengan melakukan senam bersama-sama, bisa makin menguatkan rasa kekeluargaan di antara kita,” tuturnya.

Ketum DWP: Lomba Bukan Sekadar Kompetisi, Tapi Wadah Kesehatan Bersama

Franka menekankan bahwa acara ini tidak hanya sekadar kompetisi, tetapi juga sebagai wadah untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesegaran jasmani. Kesehatan, menurutnya, adalah harta yang tidak ternilai, dan melalui aktivitas fisik seperti SKJ, kita dapat membentuk gaya hidup sehat sehari-hari.

“Harapan saya setelah terlaksananya program hari ini seluruh pengurus dan anggota DWP di seluruh Indonesia akan makin kompak menjalankan kegiatan organisasi. Salah satunya membiasakan hidup sehat di rumah masing-masing,” terang Ketum DWP Pusat.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga juga menyampaikan apresiasi kepada Kemenpora yang telah memfasilitasi Lomba SKJ Massal dalam rangka memperingati Hari Ibu. Menurut Menteri PPPA, Kemenpora telah memberikan dukungan pada setiap kegiatan Hari Ibu.

“Dan kami pun pada saat kickoff peringatan Hari Ibu juga didukung oleh Kemenpora,” sebut Menteri PPPA.

Menurut Menteri PPPA, penggelaran kembali SKJ oleh Kemenpora merupakan momentum yang luar biasa. SKJ, yang selama ini dikenal sebagai senam rutin di sekolah dan dilakukan oleh ASN di hari Jumat, mendapatkan apresiasi lebih dari Menteri PPPA.

“Selamat dan sukses bagi perempuan-perempuan dan kaum ibu yang tergabung di dalam DWP. Kami harapkan mari kita wujudkan bahwa perempuan adalah kekuatan bangsa dan negara yang kita cintai,” tegas Menteri Bintang.**

Editor: Syaiful

Komentar