Sukses di Tengah Rintangan, 4 WNI Dievakuasi dari Gaza ke Kairo

JAKARTA – Pemerintah Indonesia berhasil menjalankan misi penyelamatan kepada 4 Warga Negara Indonesia (WNI) dievakuasi dari jalur Gaza menuju Kairo, Mesir.

Menteri Luar Negeri, Retno LP Marsudi, dalam sebuah pernyataan pers pada Jumat, 3 November 2023, mengatakan, evakuasi yang berlangsung pada pukul 19.00 waktu Mesir atau 00.00 WIB tersebut, mempertemukan 4 WNI dengan seorang istri WNI yang merupakan warga negara Palestina.

Perjalanan epik sejauh 367 kilometer dari Rafah ke Kairo akhirnya berakhir pada pukul 03.00 waktu setempat, di tengah situasi yang sangat tidak kondusif. Sebelum sukses ini, dua percobaan sebelumnya gagal, disebabkan oleh situasi yang sangat tidak aman di Gaza.

Menlu Retno mengungkapkan kesulitan yang dihadapi oleh para tim evakuasi, terutama dalam hal keamanan dan komunikasi yang on and off. Situasi yang memburuk, termasuk serangan-serangan di sepanjang jalan dan jaringan komunikasi yang tidak stabil, menambah kompleksitas upaya penyelamatan.

Namun, keselamatan WNI adalah prioritas utama, dan pemerintah Indonesia tetap gigih dalam upaya mereka. “Assalamu’alaikum, Ibu. Terima kasih, alhamdulillah Bang Onim dan anak istri sudah bersama teman-teman KBRI Kairo. Sekarang sedang on the way di Kedutaan. Terima kasih ibu. Terima kasih alhamdulillah atas kerja samanya,” kata pesan suara Abdillah Onim, salah satu WNI yang berhasil dievakuasi, kepada Menlu.

Setelah berhasil mengamankan 4 WNI, pemerintah masih berupaya keras untuk mengevakuasi satu keluarga WNI lain yang terdiri dari 3 WNI dan 1 istri WNI yang merupakan warga negara Palestina. Menteri Luar Negeri menegaskan bahwa pemerintah akan terus menciptakan koridor aman untuk memastikan keselamatan mereka.[]

Komentar