Presiden Jokowi Hadiri Festival Dahau, Rayakan Ulang Tahun Kutai Barat yang Ke-24

KALIMANTAN TIMUR – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), memeriahkan Festival Dangai Ehau (Dahau) di Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur, pada Jumat pagi, 3 November 2023. Acara budaya yang meriah tersebut digelar dalam rangka merayakan hari ulang tahun Kabupaten Kutai Barat yang ke-24.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengungkapkan kegembiraannya bisa hadir di bumi Tanaa Purai Ngeriman dan berpartisipasi dalam Festival Dahau yang selalu dinantikan oleh masyarakat Kutai Barat. “Selamat ulang tahun yang ke-24 Pak Bupati dan seluruh warga di Kutai Barat,” ucapnya dengan antusias.

Lebih dari sekadar merayakan ulang tahun Kabupaten Kutai Barat, festival ini juga menjadi wadah untuk melestarikan dan memajukan kebudayaan daerah. Presiden Jokowi memahami pentingnya menjaga warisan budaya lokal dan mempromosikan nilai-nilai seperti toleransi, kerukunan, dan keharmonisan yang telah diwariskan oleh para leluhur.

Presiden Jokowi juga memuji semangat Bhinneka Tunggal Ika yang masih sangat kuat dalam kehidupan masyarakat Kutai Barat. Di sana, suku-suku Dayak Bahau, Dayak Aoheng, Dayak Tunjung, Dayak Kenyah, Dayak Benuaq, dan suku Melayu hidup berdampingan dengan rukun, meskipun memiliki beragam tradisi dan kekayaan budaya yang unik.

Tak lupa, Presiden mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh masyarakat Kutai Barat terhadap pembangunan Ibu Kota Nusantara, sebuah proyek besar yang akan membentuk masa depan Indonesia.

Acara Festival Dahau juga dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi pemerintah, termasuk Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Pj. Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, dan Bupati Kutai Barat Fransiskus Xaverius Yapan.[]

Komentar