Kemenpora RI Raih Rekor MURI dengan Pertunjukkan Video Mapping Spektakuler di Monas

JAKARTA – Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) meraih prestasi luar biasa yang membanggakan dengan meraih Rekor Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI). Penghargaan ini diberikan sebagai pengakuan atas Pertunjukkan Video Mapping 4 Sisi Pertama di Monumen Nasional (Monas) yang spektakuler pada peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-95 tahun 2023, yang berlangsung pada 28 Oktober lalu.

Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga, Gunawan Suswantoro, yang mewakili Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito, dengan penuh semangat menerima penghargaan MURI ini. Dalam pernyataannya, Gunawan berharap prestasi luar biasa ini dapat memberikan motivasi kepada generasi muda Indonesia untuk mengembangkan bakat, kreativitas, dan kemampuan mereka di berbagai bidang kehidupan.

“Alhamdulillah Kemenpora mendapatkan penghargaan yang luar biasa. Ini merupakan prestasi yang sangat berharga, karena Kemenpora menjadi yang pertama di Indonesia yang meraih penghargaan MURI untuk desain video mapping empat sisi di Monumen Nasional,” ujar Sesmenpora saat berbicara dengan awak media di Kantor Kemenpora, Kamis, 2 November 2023.

Prestasi ini dianggap sebagai tonggak sejarah yang penting, terutama bagi Kemenpora yang fokus pada pemuda dan olahraga. Kolaborasi antara Kemenpora dan vendor PT Argo Visual dalam mendesain pertunjukkan video mapping ini berhasil menciptakan sebuah momen bersejarah yang dapat dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia, khususnya generasi muda.

Gunawan juga mengungkapkan rasa syukurnya bahwa peringatan HSP tahun 2023 ini berlangsung dengan nuansa pemuda yang begitu kuat, dan video mapping empat sisi Monas menjadi salah satu elemen yang membedakannya dari tahun sebelumnya. Selama sebulan penuh, Kemenpora juga telah melaksanakan berbagai kegiatan dalam Bulan Pemuda sebagai bukti nyata komitmen mereka untuk mendukung dan merayakan pemuda Indonesia.

Wakil Direktur Utama MURI, Osmar Semesta Susilo, dengan bangga menyatakan bahwa MURI memberikan penghargaan kepada Kemenpora RI atas Pertunjukkan Video Mapping 4 Sisi Pertama di Monumen Nasional pada HSP ke-95 tahun 2023. Dia menekankan pentingnya kerjasama antara MURI dan Kemenpora, serta mencatat bahwa MURI telah mencatat lebih dari 11 ribu rekor di berbagai bidang, termasuk pemuda dan olahraga.

Tidak hanya menjadi rekor di Indonesia, tetapi prestasi ini juga telah diakui sebagai rekor dunia oleh MURI. Osmar menjelaskan, “Bisa dilihat di piagamnya, bahwa ini sudah kami nobatkan sebagai rekor dunia. Karena, tidak ada lagi monumen nasional di negara lain yang membuat video mapping empat sisi, satu-satunya di Indonesia dan satu-satunya di dunia. Selamat kepada Kemenpora dan vendor.”

Pelaksana pembuatan video mapping empat sisi pertama, Alvin Antono dari PT Argo Omega Prima (PT Argo Visual), mengucapkan terima kasih kepada Kemenpora atas kepercayaan yang diberikan untuk menggarap acara besar HSP. Ia merasa terhormat dapat menjadi bagian dari upaya untuk menciptakan pengalaman yang tak terlupakan ini.[]

Komentar