Diperingatan HSP ke-95, Raden Isnanta Soroti Kolaborasi Pemuda

JAKARTA – Peringati Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-95 yang berlangsung di Halaman Kantor Kemenpora, Jakarta,  Sabtu  (28/10) pagi. Dalam upacara yang dipimpin oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora, Raden Isnanta, pesan kolaborasi dan semangat pemuda dalam memajukan Indonesia disampaikan dengan penuh semangat.

Upacara dimulai dengan pengibaran Bendera Merah Putih, diikuti oleh pengheningan cipta dan pembacaan teks Pancasila. Kemudian, UUD 1945 dan teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia Tahun 1928 dibacakan sebagai pengingat akan komitmen kebangsaan yang dijanjikan oleh para pemuda Indonesia pada masa lalu.

“Setiap tanggal 28 Oktober, kita merayakan peringatan Hari Sumpah Pemuda. Momentum ini mengingatkan kita akan semangat patriotisme yang pernah ditanamkan oleh pemuda-pemuda terdahulu,” kata Isnanta dalam sambutannya, yang juga mencerminkan pesan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Dito Ariotedjo.

Dengan tema ‘Bersama Majukan Indonesia’, peringatan HSP ke-95 tahun ini menekankan pentingnya kolaborasi di antara pemuda Indonesia. Logo HSP ke-95 yang digunakan, menggambarkan keragaman suku, bahasa, dan budaya dalam negeri ini, menciptakan simbol kolaborasi yang kuat. Heterogenitas ini dianggap sebagai sumber kekuatan dalam upaya memajukan Indonesia.

Isnanta juga menyoroti peran penting pemuda dalam pembangunan Indonesia, menyatakan bahwa kolaborasi lintas generasi telah membangun optimisme kolektif tentang peran yang semakin terhormat bagi pemuda dalam pembangunan nasional. Meskipun Indonesia menghadapi sejumlah tantangan, seperti korupsi, pengangguran, dan masalah-masalah lainnya, para pemuda diberi semangat untuk terus berjuang demi mewujudkan Indonesia yang adil dan makmur.

Akhir sambutannya, Isnanta mengajak semua pihak, termasuk organisasi kepemudaan, komunitas, dan elemen-elemen lainnya, untuk bersatu dalam semangat kolaborasi untuk memajukan Indonesia. “Marilah kita jadikan momentum peringatan HSP ke-95 ini sebagai momen untuk membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan negeri ini. Semoga Tuhan yang Maha Esa senantiasa memberikan kita kekuatan,” tutupnya.

Peringatan HSP ke-95 tahun ini mengingatkan kita semua akan pentingnya semangat kebangsaan, kolaborasi, dan kerja keras pemuda Indonesia dalam membentuk masa depan yang lebih baik bagi negeri ini. Semangat pemuda yang berkomitmen untuk bersatu demi kemajuan Indonesia tetap menjadi inspirasi bagi kita semua.

Komentar