Presiden Jokowi Menjamin Bantuan Pangan untuk Semua Keluarga yang Memenuhi Syarat

LAMPUNG – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, memulai kunjungan kerjanya di Provinsi Lampung dengan mengunjungi Gudang Bulog Campang Raya di Kota Bandar Lampung pada Kamis (26/10/2023). Dalam kunjungan ini, Presiden tidak hanya meninjau persediaan pangan, tetapi juga memberikan bantuan pangan kepada keluarga penerima manfaat (KPM).

Salah satu momen menarik dalam kunjungan ini adalah ketika Presiden berdialog dengan seorang KPM yang bertanya apakah keluarga yang tidak terdaftar sebagai penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dapat menerima bantuan pangan. Dalam jawabannya, Presiden Jokowi memberikan jaminan bahwa setiap keluarga yang memenuhi syarat dapat mendaftarkan diri ke perangkat pemerintah terdekat untuk menerima bantuan pangan.

Presiden juga menegaskan bahwa pemerintah telah menyediakan anggaran yang cukup untuk bantuan pangan, sehingga tidak ada alasan bagi keluarga yang memenuhi syarat untuk tidak mendaftar. Namun, ia juga menekankan pentingnya mengikuti prosedur yang berlaku dan terdaftar dalam daftar yang ada.

Selain itu, Presiden Jokowi juga mengungkapkan bahwa pemerintah sedang merancang skema pemberian bantuan pangan cadangan beras untuk tahun 2024. Jika anggaran tersedia, maka bantuan pangan akan terus diberikan pada tahun mendatang.

Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan keluarga penerima manfaat, Presiden Jokowi juga mengumumkan tambahan bantuan sosial PKH untuk tahun 2023. Bantuan sosial tambahan ini akan diberikan pada dua bulan terakhir tahun ini, yaitu bulan November dan Desember, dengan total transfer sebesar Rp400 ribu.

Turut hadir dalam kunjungan ini adalah Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, dan Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana.[]

Komentar