Timnas Indonesia Melangkah ke Babak Penyisihan Grup Melawan Irak

JAKARTA – Timnas Indonesia menjalani latihan terakhir sebelum menghadapi Brunei Darussalam dalam babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Namun, rencana latihan mereka terpaksa dibatalkan karena cuaca buruk. Hujan deras mengguyur lapangan Stadion Nasional Hassanal Bolkiah di Bandar Seri Begawan, tempat pertandingan akan berlangsung.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengungkapkan bahwa keputusan tersebut diambil demi menjaga kesejahteraan para pemain. “Situasinya seperti ini, mau tidak mau (batal latihan), cuaca tidak baik jadi ya tidak ada pilihan lain, saya tidak mau para pemain kena hujan jadi latihan dibatalkan,” kata Shin Tae-yong.

Meski terhambat oleh cuaca, pelatih Shin Tae-yong tetap optimistis menghadapi laga melawan Brunei. Dia merasa yakin karena rumput lapangan di Stadion Nasional Hassanal Bolkiah memiliki jenis yang sama dengan lapangan di tempat-tempat berlatih sebelumnya.

“Kita akan melakukan permainan seperti biasa, memang kami belum pernah coba lapangan, tapi sama seperti lapangan latihan rumputnya, jadi gak masalah,” ujar Shin Tae-yong, melansir dari akun PSSI, Rabu, 18 OKtober 2023.

Namun, Shin Tae-yong juga telah menyusun rencana cadangan jika hujan turun saat pertandingan. “Memang kalau hujan deras seperti hari ini (kemarin) pastinya bisa terjadi masalah terhadap game plan kita, jadi saya harus antisipasi dengan menyiapkan game plan lain,” ungkapnya.

Pemain belakang Timnas Indonesia, Rizky Ridho, juga siap bekerja keras untuk meraih kemenangan. Kendala yang mereka hadapi saat latihan tidak mengganggu kesiapan para pemain. Ridho berharap para pemain dapat bermain maksimal dalam pertandingan.

Pada pertandingan tersebut, pelatih Shin Tae-yong juga mengumumkan rotasi pemain. Kiper Ernando Ari Sutaryadi menggantikan Nadeo Argawinata, sementara Fachruddin Aryanto mengisi posisi Elkan Baggott di lini pertahanan. Rachmat Irianto kembali dimainkan sebagai starter setelah beberapa laga absen.

Pertandingan leg kedua berjalan dengan sangat baik bagi Timnas Indonesia, dengan mereka berhasil mencetak enam gol dan memimpin agregat 12-0. Gol-gol tersebut dicetak oleh Hokky Caraka, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Rizki Ridho, dan Ramadhan Sanata.

Kemenangan tersebut memastikan bahwa Indonesia melangkah ke babak penyisihan grup ronde kedua bersama Irak, Vietnam, dan Filipina. Mereka harus finis sebagai dua teratas untuk lolos ke ronde ketiga dan semakin mendekat ke Piala Dunia 2026 yang akan digelar di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko dengan diikuti 48 tim.[]

Komentar